IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF DAN MENYENANGKAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS V DI MI DARUL HUDA NGAGLIK SLEMAN

ASET NARO TAMMA, NIM. 09480081 (2013) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF DAN MENYENANGKAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS V DI MI DARUL HUDA NGAGLIK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF DAN MENYENANGKAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS V DI MI DARUL HUDA NGAGLIK SLEMAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF DAN MENYENANGKAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS V DI MI DARUL HUDA NGAGLIK SLEMAN)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegelisahan akademik peneliti terhadap efektifitas pembelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah. Pembelajaran aktif yang merupakan ruh dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) hanya menjadi formalitas belaka dengan tetap melakukan pembelajaran konvensional. Berdasarkan KTSP MI Darul Huda, Madrasah ini telah menggunakan pembelajaran aktif dan menyenangkan termasuk di dalamnya pembelajaran SKI. Namun dalam realitanya, ramainya peserta didik dalam setiap kali pembelajaran menjadi tanda tanya tersendiri terhadap efektifitas pembelajaran yang telah dilakukan. Observasi semasa PPL-KKN menunjukan pembelajaran SKI kelas V mengggunakan strategi pembelajaran tanya jawab sehinga peserta didik terlihat ramai sendiri dalam pembelajaran. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti lebih jauh tentang pembelajaran SKI ini dengan rumusan masalah:1) Bagaimana implementasi pembelajaran aktif dan menyenangkan mata pelajaran SKI kelas V MI Darul Huda. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran aktif dan menyenangkan mata pelajaran SKI kelas V MI Darul Huda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan deskriptif analitik yaitu dengan menggunakan prosedur: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan datanya dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) implementasi pembelajaran aktif dan menyenangkan pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas V di MI Darul Huda, Ngaglik, Sleman sudah berjalan walaupun belum optimal. Hal ini tercermin dari Pelaksanaan pembelajaran yang terlihat pada strategi pembelajaran yang telah digunakan oleh guru, seperti pada pembelajaran ke dua dan ke tiga guru menggunakan strategi diskusi kelompok dan diskusi dalam pencarian informasi. Sedangkan untuk pembelajaran menyenangkan terlihat seperti pada pembelajaran ke lima dengan strategi pembelajaran demonstrasi hasil karya peserta didik. Keaktifan peserta didik dalam pembelajaran seperti aktif bertanya, mengemukakan pendapat, ide, berfikir kritis serta rasa senang saat pembelajaran yang membebaskan peserta didik untuk mengekpresikan kreatifitasnya.2) faktor pendukung dari implementasi pembelajaran aktif dan menyenangkan pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas V di MI Darul Huda meliputi: media cetak pembelajaran yang telah tercukupi, guru yang mampu dalam bidangnya, dan minat belajar peserta didik kelas V yang tinggi. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu belum adanya laboratorium multimedia untuk membantu pembelajaran, belum pernah berkunjung ke situs-situs sejarah sebagai motivasi belajar sejarah serta waktu pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang terlalu sedikit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Jul 2013 16:30
Last Modified: 24 Jan 2017 15:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8710

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum