PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MAHARAH AL QIRA’AH SISWA KELAS X D MAN WONOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2012/2013

ROUF TAMIM, NIM. 09420138 (2013) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MAHARAH AL QIRA’AH SISWA KELAS X D MAN WONOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MAHARAH AL QIRA’AH SISWA KELAS X D MAN WONOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2012/2013 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MAHARAH AL QIRA’AH SISWA KELAS X D MAN WONOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2012/2013 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)

Abstract

Rouf Tamim. Problematika pembelajaran Maharah Al-qira’ah siswa kelas X D MAN Wonosari Gunungkidul Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komponenkomponen pembelajaran Maharah Al-qira’ah, Problematikanya dan apa saja usaha yang dilakukan sekolah dan guru Bahasa Arab untuk mengatasi problematika tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, peneliti menggunakan sampel penelitian dari siswa kelas X D MAN Wonosari Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian dalam empat tahap, yaitu: reduksi data, triangulasi, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Komponen-komponen pembelajaran Maharah Al-qira’ah di kelas X D MAN Wonosari Gunungkidul meliputi: a) Tujuan pembelajaran Maharah Al-qira’ah yaitu bisa membedakan bunyi huruf Hijaiyyah, mampu mengidentifikasi materi yang meliputi huruf, kata dan kalimat, b) Materi pembelajaran Maharah Al-qira’ah meliputi (perkenalan), (kehidupan keluarga), (hobi) dan profesi/pekerjaan), c) Metode yang digunakan adalah metode membaca nyaring (Al-qira’ah Al-jahriyyah) dan cooperative learning, proses pembelajarannya yaitu memberi contoh kepada siswa membaca yang baik dan benar, kemudian siswa menyimak contoh bacaan tersebut, siswa belajar berkelompok sebagai tugas mempelajari bagaimana membaca yang baik dan benar d) Media yang dipakai adalah spidol, white board, buku ajar dan LKS, e) Evaluasi meliputi penilian afektif, penilaian proses individu atau kelompok dan penilaian keterampilan Al-qira’ah. (2) Problematika Maharah Al-qira’ah dalam pembelajaran Bahasa Arab bagi siswa kelas X D MAN Wonosari yaitu, sistem bunyi, bentuk huruf, kosa kata, tanda baca, latar belakang siswa.(3) Usaha yang dilakukan untuk mengatasi problematika tersebut, dari pihak sekolah yaitu, menyeleksi pendaftaran siswa baru dengan tes baca tulis al-qur’an dan membuat program bimbingan BTQ (Baca tulis Al-qur’an). Dari pihak guru Bahasa Arab memberikan bimbingan cara melafalkan huruf Hijaiyyah yang benar sesuai makharijul huruf Bahasa Arab. Guru mengkhususkan siswa yang belum bisa membaca dengan pengawaasan setiap pertemuan pelajaran Bahasa Arab. Solusi peneliti untuk mengatasi problematika dengan menggunakan metode Phonetic.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Jul 2013 17:10
Last Modified: 03 May 2017 08:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8717

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum