NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTI TERORISME DALAM BUKU TEKS PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PADA TINGKAT SMA

AGUS SULISTIYO HADI, NIM. 09410154 (2013) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTI TERORISME DALAM BUKU TEKS PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PADA TINGKAT SMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTI TERORISME DALAM BUKU TEKS PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PADA TINGKAT SMA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTI TERORISME DALAM BUKU TEKS PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PADA TINGKAT SMA )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bahwa terorisme yang berkembang di Indonesia harus segera diselesaikan. Upaya penyelesaian persoalan tersebut dapat melalui berbagai bidang salah satunya bidang pendidikan. Perlu adanya penerapan strategi dan konsep pendidikan berbasis pada penanaman nilai-nilai melalui materi Pendidikan keagamaan yang spesifik dalam proses pembelajaran dan pengembangannya. Buku teks pelajaran mempunyai peran yang sangat penting dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan yang berfungsi sebagai pemutus doktrinasi aksi kekerasaan dan terorisme dari pikiran peserta didik. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: nilai-nilai pendidikan anti terorisme apa saja yang terkandung dalam buku teks pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Agama Kristen di tingkat SMA dan urgensi pendidikan anti terorisme. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Reseach). Pendekatan yang digunakan adalah analisis isi (content analisis). pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi, metode dokumentasi adalah sebuah metode untuk mencari data yang bersumber dari tulisan-tulisan, arsip-arsip, seperti buku, majalah, surat kabar dan internet. Sedangkan analisis datanya adalah deskriptif analitik. Hasil analisis penelitaian ini dalam buku teks pelajaran PAI dan PAK secara khusus tidak menjelaskan anti terorisme, namun beberapa materi terdapat nilai-nilai anti terorisme, seperti: Mencintai alam sekitar, memperkuat kerukunan, mempererat perdamaian, larangan merusak alam, larangan membunuh sesama muslim, menerapkan sikap toleransi, menjalin persatuan dan kesatuan, saling menghargai, mengasihi terhadap sesama, menjalin persatuan dan kesatuan, berbuat adil terhadap sesama,menjaga nama baik dan kehormatan orang lain, selalu berbuat baik dengan sesama. Urgensi pendidikan anti teorisme itu sendiri adalah pendidikan sebagai penanaman nilai-nilai keagamaan ataupun nilai-nilai anti kekerasan kepada peserta didik khususnya pada tingkat SMA agar terorisme yang terjadi di Indonesia dapat hilang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Jul 2013 17:30
Last Modified: 28 Jul 2017 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8719

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum