BIMBINGAN KONSELING ISLAM TERHADAP ANAK KLEPTOMANIA (Studi Kasus Terhadap Lima Anak Kleptomania di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Sleman Yogyakarta)

DWI ANIS CHOTIMAH - NIM. 03220043, (2008) BIMBINGAN KONSELING ISLAM TERHADAP ANAK KLEPTOMANIA (Studi Kasus Terhadap Lima Anak Kleptomania di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Sleman Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KONSELING ISLAM TERHADAP ANAK KLEPTOMANIA (Studi Kasus Terhadap Lima Anak Kleptomania di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Sleman Yogyakarta))
bab 1 dan penutup.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KONSELING ISLAM TERHADAP ANAK KLEPTOMANIA (Studi Kasus Terhadap Lima Anak Kleptomania di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Sleman Yogyakarta))
Bab 2 dan 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul Bimbingan Konseling Islam terhadap Anak Kleptomania (Studi Kasus di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Sleman Yogyakarta) . Dalam skripsi ini membahas tentang langkah-langkah bimbingan konseling berdasarkan nilai-nilai agama Islam terhadap anak yang telah melakukan tindakan pencurian (kleptomania) serta telah ditentukan hukumannya oleh Pengadilan di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Sleman Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah interview, dokumentasi dan observasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu data-data yang penulis peroleh disusun secara sistematis dan terperinci sesuai dengan kerangka penulisan kemudian menginterpretasikannya dan menyimpulkannya secara induktif. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama, langkah Identifikasi kasus bahwa anak kleptomania sebagian besar terpengaruh oleh keadaan lingkungan tempat tinggal mereka selain itu tidak ada /kurang perhatian dari pihak orang tua. Kedua, langkah diagnosa yaitu dengan menggunakan teknih wawancara langsung dengan narapidana anak kleptomania sebanyak lima anak. Dari observasi yang telah dilakukan gejala-gejala yang nampak adalah sebagian besar anak kleptomania mengalami gangguan psikologi yaitu adanya rasa cemas, gelisah dan resah apabila tindakan pencurian itu tidak dilakukannya. Ketiga, langkah prognosis, yaitu Alternatif yang diberikan dalam menangani anak kleptomania adalah dengan cara dzikir bersama dan terapi taubat. Keempat, langkah treatment yaitu: shalat berjamaah, puasa, zikir, do'a dan tadarus Al Qur'an. Kelima, Follow Up/tindak lanjut yaitu dengan cara mengadakan evaluasi dan apresiasi terhadap kemajuan serta perubahan diri klien dan kedisiplinan anak didik dalam mengikuti bimbingan yang selanjutnya dijadikan bahan pertimbangan dan pedoman bagi petugas pembina dalam memberikan reward and punisment kepada anak kleptomania dan anak didik yang lainnya. Di mana kegiatan ini dijadikan sebagai tolok ukur keberhasilan sehingga dapat dilaksanakan bimbingan selanjutnya dengan lebih berkualitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs.Abror Sodik,MSi.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling Islam, Anak Kleptomania
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 06 May 2012 04:00
Last Modified: 18 Nov 2015 01:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/874

Actions (login required)

View Item View Item