STUDI KELENGKAPAN DAN PEMANFAATAN ALAT PRAKTIKUM FISIKA KELAS X SMA SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI KOTA YOGYAKARTA

NUR KHASANAH, NIM. 08690033 (2013) STUDI KELENGKAPAN DAN PEMANFAATAN ALAT PRAKTIKUM FISIKA KELAS X SMA SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI KELENGKAPAN DAN PEMANFAATAN ALAT PRAKTIKUM FISIKA KELAS X SMA SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI KOTA YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] Text (STUDI KELENGKAPAN DAN PEMANFAATAN ALAT PRAKTIKUM FISIKA KELAS X SMA SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI KOTA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)

Abstract

Laboratorium adalah salah satu kriteria minimal dalam sarana dan prasarana yang harus dimiliki oleh satuan pendidikan. Oleh karena itu, kelengkapan laboratorium khususnya laboratorium fisika menjadi hal yang sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk ( 1) mengetahui tingkat kelengkapan serta kondisi alat praktikum fisika kelas X SMA, ( 2) mengetahui pemanfaatan alat praktikum fisika kelas X SMA, ( 3) memperoleh informasi mengenai kendala yang dihadapi Guru dalam pemanfaatan alat-alat praktikum fisika kelas X SMA di Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk memperoleh data tentang kelengkapan dan pemanfaatan alat praktikum fisika serta pengisian kuesioner terbuka untuk memperoleh data kendala yang dihadapi dalam memanfaatkan alat praktikum fisika. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan SMA di Kota Yogyakarta dengan kategori sekolah SSN dan sekolah regular. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 8 SMA, yaitu SMA 17 “1”, SMA Institut Indonesia, SMA N 7, SMA N 10, SMA Muhammadiyah 3, SMA Muhammadiyah 7, SMA PIRI 1, dan SMA PIRI 2 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ( 1 ) tingkat kelengkapan alat praktikum fisika kelas X SMA di Kota Yogyakarta masuk dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 72,7%, kondisi alat juga masuk dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 72,2%.( 2) Tingkat pemanfaatan alat praktikum fisika termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 82,5%. ( 3) Kendalakendala yang dihadapi oleh guru fisika kelas X SMA di wilayah Kota Yogyakarta dalam memanfaatkan alat praktikum fisika pada proses pembelajaran adalah ketersediaan alat praktikum dalam jumlah terbatas ( SMA 17 “1”, SMA Institut Indonesia, SMA PIRI 2) , ruang laboratorium belum terpisah ( SMA Muhammadiyah 3, SMA Muhammadiyah 7) , tidak adanya tenaga laboran ( SMA Institut Indonesia, SMA PIRI 2 ) , keterbatasan waktu praktikum ( SMA 17 “1”, SMA Institut Indonesia, SMA PIRI 2) , tidak adanya manual percobaan ( SMA 17 “1” ) , dan kendala pengetahuan siswa ( SMA 17 “1”, SMA PIRI 1) . Kata kunci: Alat Praktikum Fisika, KTSP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Jul 2013 20:39
Last Modified: 04 Feb 2016 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8746

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum