EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN KONTEN INTEGRASI- INTERKONEKSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP

TRISNANING ARI MURTIWI, NIM. 09690042 (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN KONTEN INTEGRASI- INTERKONEKSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN KONTEN INTEGRASI- INTERKONEKSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN KONTEN INTEGRASI- INTERKONEKSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis multiple intelligences dengan konten integrasi-interkoneksi terhadap minat dan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP kelas VIII pada materi bunyi. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar serta kemampuan berpikir kreatif siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis multiple intelligences dengan konten integrasi-interkoneksi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran ekspositori. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa pembelajaran berbasis multiple intelligences dengan konten integrasiinterkoneksi, serta variabel terikat berupa minat belajar dan kemampuan berpikir kreatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas yang seluruh siswanya beragama Islam yakni kelas VIII C, VIII D, dan VIII E SMP Negeri 12 Yogyakarta. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas VIII D sebagai kelas kontrol dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest, soal posttest, dan angket minat belajar. Teknik analisis data menggunakan statistik parametrik yaitu uji t dan statistik nonparametrik yaitu uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar dan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis multiple intelligences dengan konten integrasi-interkoneksi dengan siswa yang mengikuti pembelajaran ekspositori. Pembelajaran berbasis multiple intelligences dengan konten integrasi-interkoneksi lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan berpikir kreatif (nilai Sig. (1- tailed) = 0,0001 _ 0,05, maka H diterima). Pembelajaran berbasis multiple intelligences dengan konten integrasi-interkoneksi lebih efektif dibandingkan xix a dengan pembelajaran ekspositori terhadap minat (nilai Sig. (1-tailed) = 0,0005 _ 0,05, maka H diterima). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis multiple intelligences dengan konten integrasiinterkoneksi lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori (nilai Sig. (1-tailed) = 0,000 _ 0,05, maka H a diterima) . Peningkatan minat belajar siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis multiple intelligences dengan konten integrasi-interkoneksi lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori a (nilai Asymp. Sig. (1-tailed) = 0,000 _ 0,05, maka H diterima. a Kata Kunci: pembelajaran berbasis multiple intelligences dengan konten integrasi-interkoneksi, minat belajar, kemampuan berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Jul 2013 21:54
Last Modified: 05 Feb 2016 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8755

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum