UJICOBA HANDOUT KIMIA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT KARYA PUGUH WAHYU ISMONO UNTUK SMA/MA KELAS X SEMESTER 2

NISA FAUZIAH HAKMI, NIM. 09670016 (2013) UJICOBA HANDOUT KIMIA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT KARYA PUGUH WAHYU ISMONO UNTUK SMA/MA KELAS X SEMESTER 2. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UJICOBA HANDOUT KIMIA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT KARYA PUGUH WAHYU ISMONO UNTUK SMA/MA KELAS X SEMESTER 2 )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UJICOBA HANDOUT KIMIA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT KARYA PUGUH WAHYU ISMONO UNTUK SMA/MA KELAS X SEMESTER 2 )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian, komentar dan saran peserta didik terhadap produk pengembangan. Penelitian ini juga bertujuan untuk melihat keterlaksanaan RPP dan mengetahui kajian produk ditinjau dari prestasi dan minat belajar kimia peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan lanjutan, yaitu penelitian pengembangan pada tahap evaluasi atau ujicoba produk. Produk yang diujicobakan adalah handout larutan elektrolit dan nonelektrolit karya Puguh Wahyu Ismono, S.Pd.Si. Ujicoba ini dilaksanakan di MA Ibnul Qoyyom Putri Sleman Yogyakarta dengan responden kelas X. Ujicoba ini terdiri dari 3 tahap ujicoba, yaitu ujicoba satu-satu, ujicoba kelompok kecil, dan ujicoba lapangan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar angket respon peserta didik terhadap produk, lembar skala minat belajar kimia peserta didik, lembar keterlaksanaan RPP, lembar observasi dan soal untuk uji kompetensi. Analisis data penelitian untuk angket respon peserta didik, skala minat belajar, lembar keterlaksanaan RPP dan soal uji kompetensi menggunakan analisis kuantitatif. Sementara itu, untuk lembar observasi menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa respon peserta didik pada ujicoba satu-satu 76,67% merespon positif, pada ujicoba kelompok kecil 90,83% merespon positif, dan pada ujicoba lapangan 95,25% merespon positif. Adapun komentar dan saran dari peserta didik untuk perbaikan produk kurang lebih 85% ditindaklanjuti. Sedangkan data hasil untuk lembar keterlaksanaan RPP memberikan nilai skor rata-rata sebesar 98,50 dengan kategori “sangat baik”. Serta untuk kajian produk ditinjau dari prestasi belajar diketahui bahwa 35% peserta didik tuntas belajar kimia dengan skor rata-rata kelas 70,60. Selanjutnya untuk kajian produk ditinjau dari minat belajar kimia peserta didik didapatkan nilai skor rata-rata sebesar 69,30 dengan kategori “sangat tinggi”. Kata kunci: handout kimia, larutan elektrolit dan nonelektrolit, ujicoba, minat belajar, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Jul 2013 16:26
Last Modified: 22 Feb 2016 10:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8776

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum