PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TES DAN NONTES HASIL BELAJAR SISWA SMA/MA KELAS XI SEMESTER GENAP

MAULIDA TRI OKTAVIANA, NIM. 09670023 (2013) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TES DAN NONTES HASIL BELAJAR SISWA SMA/MA KELAS XI SEMESTER GENAP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TES DAN NONTES HASIL BELAJAR SISWA SMA/MA KELAS XI SEMESTER GENAP )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TES DAN NONTES HASIL BELAJAR SISWA SMA/MA KELAS XI SEMESTER GENAP )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian yang berbentuk tes dan nontes pada pembelajaran kimia untuk siswa menengah atas pada materi kimia SMA/MA kelas XI semester genap. Selain itu, pengembangan instrumen ini digunakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas dari produk yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D. Pengembangan model ini terdiri dari 4 tahap, yaitu melalui tahap define (pendefinisian) yang merupakan tahapan awal, tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan), dan tahap disseminate (penyebarluasan), akan tetapi untuk tahap disseminate tidak dilakukan. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian kualitas instrumen disertai dengan penjabaran pedoman penskorannya (rubrik), untuk menilai aspek kognitif peserta didik menggunakan instrumen berbentuk soal dan untuk menilai aspek afektif peserta didik menggunakan instrumen berbentuk nonsoal berupa skala minat. Penilaian produk dilakukan oleh 1 orang dosen dan 3 orang guru kimia SMA/MA di Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen tes yang dikembangkan menurut dosen dan guru kimia memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan masing-masing sebesar 88,75% dan 88,13%. Sementara itu, kualitas instrumen nontes menurut dosen dan guru kimia adalah Baik (B) dengan presentase keidealan masing-masing sebesar 81,67% dan 82,23%. Berdasarkan hasil uji coba, didapatkan sebanyak 26 butir soal valid dari 80 butir soal yang dikembangkan. Sementara untuk instrumen nontes, dari 25 butir pernyataan yang dikembangkan terdapat 14 butir pernyataan yang valid. Selain itu didapatkan juga reliabilitas intrumen tes dan nontes. Reliabilitas instrumen tes Paket A untuk soal pilihan ganda sebesar 0,45, sedangkan untuk soal benar salah sebesar 0,28. Reliabilitas instrumen Paket B untuk soal pilihan ganda sebesar 0,08 dan soal benar salah sebesar 0,26. Reliabilitas instrumen nontes sebesar 0,719. Kata Kunci: instrumen, penilaian, tes, nontes

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Jul 2013 16:44
Last Modified: 22 Feb 2016 10:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8780

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum