PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERBASIS MODEL IQRA’ DAN MITIGASI BENCANA ERUPSI MERAPI

ERWIN PRASTYO, NIM. 09690046 (2013) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERBASIS MODEL IQRA’ DAN MITIGASI BENCANA ERUPSI MERAPI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERBASIS MODEL IQRA’ DAN MITIGASI BENCANA ERUPSI MERAPI )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERBASIS MODEL IQRA’ DAN MITIGASI BENCANA ERUPSI MERAPI )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kualitas perangkat pembelajaran IPA Terpadu dan mengetahui respon guru IPA SMP/MTs terhadap perangkat pembelajaran IPA Terpadu yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model prosedural yang mengadaptasi prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yang dapat dilakukan dengan lebih sederhana menurut Tim Puslitjaknov yang melibatkan 5 langkah utama yaitu (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, serta (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian kualitas perangkat pembelajaran yaitu menggunakan skala Likert yang dibuat dalam bentuk checklist. Instrumen untuk guru IPA SMP/MTs berupa skala respon guru IPA SMP/MTs yaitu menggunakan skala Likert yang dibuat dalam bentuk checklist. Hasil penelitian, kualitas perangkat pembelajaran IPA Terpadu yang dikembangkan menurut ahli perangkat pembelajaran memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 92,20%. Respon guru IPA SMP/MTs terhadap perangkat pembelajaran IPA Terpadu pada uji coba lapangan skala kecil adalah Setuju (S), sedangkan pada uji coba lapangan skala besar adalah Sangat Setuju (SS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu perangkat pembelajaran IPA Terpadu di SMP/MTs. Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, IPA Terpadu, Model Iqra’, Mitigasi Bencana, Erupsi Merapi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Jul 2013 16:58
Last Modified: 03 Feb 2016 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8786

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum