PENGEMBANGAN BUKU KUMPULAN PERMAINAN EDUKATIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X SEMESTER 1

DWI NUR SYAMSIYATI, NIM. 09670018 (2013) PENGEMBANGAN BUKU KUMPULAN PERMAINAN EDUKATIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X SEMESTER 1. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU KUMPULAN PERMAINAN EDUKATIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X SEMESTER 1)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU KUMPULAN PERMAINAN EDUKATIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X SEMESTER 1)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui karakteristik proses dan produk, serta mengetahui kelayakan buku permainan edukatif sebagai sumber belajar mandiri untuk peserta didik SMA/MA kelas X. Penelitian didasarkan pada penilaian empat guru kimia dan direspon sepuluh peserta didik SMA/MA kelas X. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Model ini menggunakan lima tahapan yaitu Analysis ( analisa ) , Design ( desain/perancangan) , Development ( pengembangan) , Implementation ( Implementasi/eksekusi ) , dan Evaluation ( evaluasi/umpan balik) namun implementasi dan evaluasi tidak dilaksanakan dalam penelitian ini. Produk buku permainan edukatif ini divalidasi oleh dosen pembimbing, ahli media dan ahli materi, serta tiga orang peer reviewer. Penilaian produk dilakukan oleh reviewer yaitu 4 guru kimia SMA/MA serta direspon oleh 10 peserta didik SMA/MA di Kota Yogyakarta. Instrumen yang digunakan berupa angket daftar cek ( check list ) . Data yang diperoleh berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis untuk menentukan kualitas buku permainan edukatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku permainan edukatif yang dikembangkan menurut empat guru kimia SMA/MA di Yogyakarta memiliki kualitas Sangat Baik ( SB ) dengan persentase keidealan sebesar 85,5%, sedangkan respon sepuluh peserta didik SMA/MA memiliki kualitas Sangat Baik ( SB ) dengan persentase keidealan sebesar 93,7%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa buku permainan edukatif ini layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri untuk peserta didik SMA/MA kelas X semester 1. Kata Kunci: Buku Permainan Edukatif, Penelitian Pengembangan, Sumber Belajar Mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 10 Jul 2013 10:01
Last Modified: 22 Feb 2016 02:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8787

Actions (login required)

View Item View Item