PENGAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU HIDAYATULLAH YOGYAKARTA (Telaah Kritis Pengajaran Buku Fasih Karya M. Ridlo Hisyam)

M. FAUZAN AL HUDRI - NIM. 03420300, (2008) PENGAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU HIDAYATULLAH YOGYAKARTA (Telaah Kritis Pengajaran Buku Fasih Karya M. Ridlo Hisyam). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK div align= quot;justify quot; Penelitian ini untuk mengetahui bentuk pengajaran bahasa Arab dengan buku Fasih di Sekolah Dasar Islam Terpadu Hidayatullah Yogyakarta dengan mengkritisi pengajarannya serta menyimpulkan faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan proses belajar mengajar bahasa Arab yang berlangsung di kelas. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung di pembelajaran bahasa Arab umumnya, dan khususnya untuk SDIT Hidayatullah Yogyakarta sendiri sebagai tempat dilakuannya penelitian ini. Penelitian ini merupakan sebuah studi kasus lapangan atas pengajaran bahasa Arab dengan buku Fasih karya M. Ridlo Hisyam yang berlangsung di sekolah SDIT Hidayatullah kemudian dianalisa tiap proses kegiatan belajar mengajar serta relevansinya terhadap teori pengajaran buku Fasih sendiri. Adapun untuk memperoleh sumber data dengan langkah yakni, wawancara dengan berbagai pengurus SDIT dan pengelola serta guru pengampu mata pelajaran bahasa Arab. Observasi dengan melakukan pengamatan langsung dalam proses kegiatan belajar mengajar dalam kelas untuk mengetauhi pengajaran dengan buku Fasih karya M. Ridlo Hisyam. Dokumentasi dengan mengumpulan berbagai sumber data yang tertulis berupa catatan, buku-buku dan sebagainya. Hasil dari penelitihan menunjukkan bahwa : 1) Buku Fasih sangat sederhana, praktis, disertai dengan nyayian dan terdapat banyak kutipan ayat-ayat Al-quran sehingga menjadikan siswa tidak bosan dan memotivasi untuk belajar dan memahami Alquran. 2) Secara umum sistem pengajaran bahasa Arab dengan menggunakan buku Fasih yang berlangsung di SDIT Hidayatullah Yogyakarta yaitu menekankan semua kemampuan dalam berbahasa seperti mendengar, mengucapkan, membaca, menulis ini sesuai dengan petunjuk pengajaran buku Fasih. Dengan satu alasan bahwa ini adalah belajar bahasa Arab untuk siswa SD sehingga harapannya bisa melatih semua kemapuan dasar dalam berbahasa untuk bekal penggembangan bahasa Arab selanjutnya. 3) Pengajaran bahasa Arab yang berlangsung di SDIT Hidayatullah Yogyakarta sudah berlangsung cukup baik sesuai dengan petunjuk buku Fasih yakni berjenjang, mengembangkan kemampuan berbahasa, memperbanyak pengalaman belajar dan menyenangkan. Namun masih ada sedikit yang perlu diperhatikan dalam hal kreatifitas guru yang nanti berperan untuk mempermudah dan menarik dalam pengajaran bahasa Arab yang efektif dan kondusif. 4) Masih kurangnya komunikasi antara guru dan murid untuk itu hendaknya seorang guru harus bisa melakukan pendekatan komunikatif personal dalam proses belajar mengajar di kelas. 5) Kompetensi yang paling vital dalam pengajaran bahasa Arab bagi siswa adalah kemampuan membaca Arab atau Al-quran. Penyusun menemukan masih ada siswa yang belum lancar dalam membaca Al-quran pada siswa SDIT Hidayatullah sehingga perlu diadakannya program khusus yang lebih intensif bagi mereka yang belum bisa membaca bahasa Arab atau Al- quran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing :Drs. H. Syamsuddin Asyrofi M.M.
Uncontrolled Keywords: Pengajaran bahasa Arab
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/879

Actions (login required)

View Item View Item