PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI MATERI KEANEKARAGAMAN MAMALIA BERBASIS POTENSI LOKAL UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X SEMESTER GENAP

SEBTHALIA DIAH PUSPITANINGRUM, NIM. 08680070 (2013) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI MATERI KEANEKARAGAMAN MAMALIA BERBASIS POTENSI LOKAL UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X SEMESTER GENAP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI MATERI KEANEKARAGAMAN MAMALIA BERBASIS POTENSI LOKAL UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X SEMESTER GENAP )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI MATERI KEANEKARAGAMAN MAMALIA BERBASIS POTENSI LOKAL UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X SEMESTER GENAP )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Modul Biologi Materi Keanekaragaman Mamalia Berbasis Potensi Lokal untuk Siswa SMA/MA Kelas X Semester Genap, (2) mengetahui kriteria kualitas Modul Biologi Materi Keanekaragaman Mamalia Berbasis Potensi Lokal untuk Siswa SMA/MA Kelas X Semester Genap berdasarkan penilaian reviewer, dan (3) mengetahui respon siswa terhadap Modul Biologi Materi Keanekaragaman Mamalia Berbasis Potensi Lokal untuk Siswa SMA/MA Kelas X Semester Genap yang telah dikembangkan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development), dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Instrumen penilaian kualitas modul berdasarkan pada kriteria isi atau materi, penyajian, dan bahasa atau keterbacaan. Penilaian produk pengembangan bahan ajar ini menggunakan desain analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah telah berhasil dikembangkan Modul Biologi Materi Keanekaragaman Mamalia Berbasis Potensi Lokal untuk Siswa SMA/MA Kelas X Semester Genap. Kualitas modul berdasarkan penilaian 2 orang ahli materi, 1 orang ahli media, 1 orang ahli bahasa, dan 7 peer reviewer adalah Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan masing-masing sebesar 87,6%, ,92,6%, 88%, dan 89%. Kualitas modul menurut 2 orang guru biologi adalah Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 89% dan hasil respon 15 siswa terhadap modul tersebut adalah 81,87% dengan skor yang diperoleh 921 dari skor maksimal ideal 1125 dan mempunyai kategori Baik (B). Berdasarkan penilaian yang diperoleh tersebut maka modul ini layak digunakan sebagai acuan guru dalam pembelajaran biologi sekaligus dapat dipakai oleh siswa sebagai salah satu bahan ajar biologi. Kata Kunci: Keanekaragaman Mamalia, Modul, Penelitian Pengembangan, Potensi Lokal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Jul 2013 18:29
Last Modified: 04 Mar 2016 11:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8802

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum