PENGARUH MUSIK BAGI KECERDASAN EMOSIONAL ANAK Studi Eksperimen Terhadap Siswa Taman Kanak-kanak Raudlatul Athfal Sapen, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

ESTHI ENDAH AYUNING TYAS - NIM: 01220774, (2008) PENGARUH MUSIK BAGI KECERDASAN EMOSIONAL ANAK Studi Eksperimen Terhadap Siswa Taman Kanak-kanak Raudlatul Athfal Sapen, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi thesis, UNSPECIFIED.

Full text not available from this repository.

Abstract

div align=\ quot; Kecerdasan emosi merupakan kecerdasan vital manusia yang sudah semestinya terus dilatih, dikelola dan dikembangkan secara intens. Karena kecerdasan emosi memiliki kesinambungan yang cukup erat dengan kualitas hidup manusia, dimana kecerdasan emosi berkait erat dengan adanya jiwa yang sehat. Sehingga dari jiwa yang sehat tersebut manusia sebagai spesies yang rentan mengalami ketidakbahagiaan akan memiliki peluang jauh lebih besar di dalam memperoleh hidup bahagia. Belakangan ini ditemukannya musik sebagai salah satu media pengembangan kecerdasan emosional agaknya menjadi temuan baru yang cukup menarik. Hanya saja hingga sejauh ini di Indonesia metode ini masih jarang dilakukan, terutama terkait berlakunya kesadaran miring masyarakat di dalam memandang halihwal musik. Kalaupun ada beberapa kalangan yang mengembangkan musik sebagai media pengembangan kecerdasan emosional anak, namun sejauh pengamatan hal tersebut masih dilakukan tanpa adanya pengetahuan yang memadai, sehingga tujuan diadakannya metode pengembangan tersebut belum berhasil maksimal. Dari kenyataan di atas, maka menjadi sangat relevan jika penelitian ini hendak melakukan penelusuran secara mendalam terhadap dampak metodemetode pengembangan di atas perlu dilakukan, dengan penelitian eksperimentatif. Dengan demikian satu metode bisa diketahui sifat positif-negatifnya bagi emosi anak. Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kuantitatif-kualitatif. Pendekatan kuantitatif bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh musik klasik bagi kecerdasan emosional anak. Sementara itu, pendekatan kualitatif digunakan sebagai pengukur sejauh mana tingkat keberpengaruhan musik terhadap kecerdasan emosi anak berikut bagaimana pemanfaatannya. Dengan demikian penerimaan dan penolakan musik klasik tidak lagi muncul dari paradigma tumpang-tindih yang jauh dari kecerdasan emosional anak, melainkan dilakukan dengan sikap-sikap ilmiah, cerdas emosi serta obyektif. Dan yang terpenting penggunaan musik klasik bisa diketahui sisi positifnegatifnya bagi emosi anak, sehingga jika terdapat dampak buruk, preventisasi atas dampak tersebut bisa dilakukan jauh lebih dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Casmini S.Ag., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Musik, Kecerdasan emosional anak
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/881

Actions (login required)

View Item View Item