PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA KELAS VIII BERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI BRUNER PADA KOMPETENSI DASAR 4.3

ENDAH PRATIWI, NIM. 09600030 (2013) PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA KELAS VIII BERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI BRUNER PADA KOMPETENSI DASAR 4.3. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA KELAS VIII BERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI BRUNER PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (63MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA KELAS VIII BERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI BRUNER PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mendeskripsikan Subject Specific Pedagogy (SSP) Matematika Kelas VIII berbasis tahap berpikir van Hiele dan teori Bruner pada kompetensi dasar 4.3 yang layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model prosedural ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pengumpulan data menggunakan lembar skala, lembar tes, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan SSP Matematika Kelas VIII berbasis tahap berpikir van Hiele dan teori Bruner dengan lima tahap pengembangan yaitu tahap analisis (analysis) yang meliputi analisis kurikulum, karakteristik siswa, dan kebutuhan guru, kemudian dilanjutkan dengan tahap perancangan (design) yang terdiri dari pengumpulan dan penyusunan materi, penyusunan kerangka/desain dan penyusunan instrumen penelitian. Tahap berikutnya adalah pengembangan (development) yaitu pengembangan komponen SSP, penyuntingan produk awal SSP, revisi I, uji coba I, serta revisi II. Pada tahap implementasi (implementation) dilakukan uji coba II dengan mengujikan produk SSP yang telah valid dalam proses pembelajaran di kelas, memberikan pre-test dan post-test, serta memberikan skala respon guru dan siswa terhadap SSP. Tahap evaluasi (evaluation) merupakan tahap terakhir yaitu tahap analisis hasil penilaian kualitas SSP oleh ahli dan guru, pre-test dan post-test serta skala respon guru dan siswa untuk keperluan pengambilan keputusan. Berdasarkan hasil analisis pada tahap evaluasi diperoleh bahwa SSP berkualitas sangat baik dengan skor rata-rata 211,33 dari skor maksimal 260 dengan persentase 81,28% dan telah teruji efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa yang ditunjukkan dari nilai rata-rata posttest (57,88) yang lebih besar dari nilai rata-rata pre-test (19,11) serta kinerja SSP mencapai kriteria baik dengan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 62,5%. Respon yang diberikan guru terhadap pembelajaran menggunakan SSP Matematika adalah sangat positif dengan skor rata-rata 67,5 dari skor maksimal 160 dan persentase mencapai 84,38% dan siswa juga memberikan respon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan SSP Matematika berdasarkan perolehan skor rata-rata 62,88 dari skor maksimal 1280 dengan persentase 78,59%. Kata Kunci: Subject Specific Pedagogy (SSP), tahap berpikir van Hiele, teori Bruner, kompetensi dasar 4.3

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Jul 2013 17:20
Last Modified: 25 Jan 2016 11:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8818

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum