PENGEMBANGAN ALAT PERAGA SAINS FISIKA DENGAN MEMANFAATKAN SAMPAH ANORGANIK MATERI KELISTRIKAN DAN KEMAGNETAN PADA SISWA SMP/MTS

NUR IKA DEWI SARTIKA FITRIANI, NIM. 07690028 (2013) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA SAINS FISIKA DENGAN MEMANFAATKAN SAMPAH ANORGANIK MATERI KELISTRIKAN DAN KEMAGNETAN PADA SISWA SMP/MTS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA SAINS FISIKA DENGAN MEMANFAATKAN SAMPAH ANORGANIK MATERI KELISTRIKAN DAN KEMAGNETAN PADA SISWA SMP/MTS)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA SAINS FISIKA DENGAN MEMANFAATKAN SAMPAH ANORGANIK MATERI KELISTRIKAN DAN KEMAGNETAN PADA SISWA SMP/MTS)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kualitas alat peraga sains fisika dengan memanfaatkan sampah anorganik pada materi kelistrikan dan kemagnetan, (2) mengetahui tanggapan siswa mengenai alat peraga sains fisika dengan memanfaatkan sampah anorganik pada materi kelistrikan dan kemagnetan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) Brog & Gall (Puslitjaknov, 2008). Produk yang dibuat adalah tiga buah alat peraga sains fisika dengan memanfaatkan sampah anorganik pada materi kelistrikan dan kemagnetan. Produk tersebut yaitu Generator Van de Graff, gaya Lorentz, dan motor listrik arus searah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan skala Likert empat yang ditujukan kepada peer reviewer, ahli media, guru, dan siswa. Uji coba produk berupa uji terbatas. Uji terbatas meliputi sepuluh siswa kelas IX di MTs As-Syarifah Mranggen, Demak. Data kualitas produk yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, yaitu data kualitatif diubah menjadi kuantitatif, kemudian mengolah skor rata-rata kualitas dengan menggunakan kriteria kategori penilaian ideal, serta menentukan nilai persentase kualitas. Kualitas produk berdasarkan penilaian peer reviewer, ahli media, dan guru adalah “Sangat Baik” dengan persentase keidealan masing-masing sebesar 82,29%, 82,78%, dan 90,81%. Tanggapan siswa pada uji terbatas adalah “Sangat Setuju” dengan persentase keidealan sebesar 82,81%. Data ini menunjukkan bahwa alat peraga sains fisika yang dikembangkan layak untuk diaplikasikan di sekolah SMP/MTs. Kata Kunci: Alat Peraga Sains Fisika, Sampah Anorganik, Kelistrikan dan Kemagnetan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Jul 2013 20:39
Last Modified: 04 Feb 2016 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8827

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum