PROSES PEMBELAJARAN KIMIA TERINTEGRASI ISLAM SAINS DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

SARIYANTI, NIM. 09670004 (2013) PROSES PEMBELAJARAN KIMIA TERINTEGRASI ISLAM SAINS DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROSES PEMBELAJARAN KIMIA TERINTEGRASI ISLAM SAINS DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PROSES PEMBELAJARAN KIMIA TERINTEGRASI ISLAM SAINS DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perangkat pembelajaran yang disusun oleh guru kimia, mengetahui pelaksanaan dan kendala yang dihadapi dalam pembelajaran kimia terintegrasi Islam. Selain itu, untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran kimia terintegrasi Islam di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta dengan sumber data yang terdiri dari peserta didik, guru kimia, kepala sekolah, dan waka kurikulum. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, pengisian angket, dan analisis dokumentasi. Uji keabsahan data yang dilakukan meliputi uji kredibilitas (triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan member check), uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif meliputi analisis sebelum lapangan dan analisis selama dilapangan (data reduction, data display, dan verification), sedangkan analisis kualitatif menggunakan skala likert. Perangkat perencanaan proses pembelajaran kimia yang berupa silabus dan RPP yang disusun oleh guru kimia di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta belum memuat konsep integrasi Islam secara khusus. Namun guru telah menyampaikan integrasi nilai-nilai keislaman secara induktifikasi. Hal tersebut ditunjukkan dengan pengarahan pemahaman peserta didik kepada satu kesimpulan bahwa penciptaan keteraturan dan keseimbangan di alam semesta ini merupakan kekuasaan Allah SWT. Kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran kimia terintegrasi Islam sains adalah belum adanya penulisan integrasi nilai keislaman secara khusus dalam silabus dan RPP sehingga pola penyampaian integrasi belum teratur dan sistematis. Meskipun demikian peserta didik merespon positif pembelajaran kimia yang dipadukan dengan nilai-nilai keislaman. Skala sikap yang ditunjukkan peserta didik tergolong baik. Kata kunci: pembelajaran kimia, integrasi Islam, pembelajaran terintegrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Jul 2013 20:48
Last Modified: 22 Feb 2016 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8831

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum