PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS INTEGRASI-INTERKONEKSI MODEL KOMPLEMENTASI PADA POKOK BAHASAN CAHAYA UNTUK SISWA SMP/MTs

DETI YUNITA, NIM. 09690039 (2013) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS INTEGRASI-INTERKONEKSI MODEL KOMPLEMENTASI PADA POKOK BAHASAN CAHAYA UNTUK SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS INTEGRASI-INTERKONEKSI MODEL KOMPLEMENTASI PADA POKOK BAHASAN CAHAYA UNTUK SISWA SMP/MTs )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS INTEGRASI-INTERKONEKSI MODEL KOMPLEMENTASI PADA POKOK BAHASAN CAHAYA UNTUK SISWA SMP/MTs )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) memperoleh modul fisika berbasis integrasi-interkoneksi model komplementasi pada pokok bahasan cahaya untuk siswa SMP/MTs yang berkualitas melalui proses pengembangan. (2) mengetahui respon siswa SMP/MTs terhadap modul fisika berbasis integrasi-interkoneksi model komplementasi pada pokok bahasan cahaya yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Prosedur dalam penelitian ini menggunakan model 3-D yang diadaptasi dari pengembangan perangkat model 4-D (four D model). Model 3-D terdiri dari 3 tahap pengembangan yaitu Define, Design, dan Develop atau diadaptasikan menjadi model 3-P yaitu Pendefinisian, Perancangan, dan Pengembangan. Hasil penelitian ini berupa (1) modul fisika berbasis integrasi-interkoneksi model komplementasi pada pokok bahasan cahaya untuk siswa SMP/MTs. Kualitas modul berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, ahli integrasiinterkoneksi, dan guru SMP/MTs adalah sangat baik (SB) dengan persentase keidealan berturut-turut sebesar 92,33%, 90,90%, 84,17%, dan 97,33%. Secara keseluruhan penilaian kualitas modul fisika oleh para ahli dan guru SMP/MTs termasuk ke dalam kriteria sangat baik (SB), dengan persentase keidealan sebesar 92,27%. (2) Respon siswa SMP/MTs terhadap modul fisika yang dikembangkan baik pada uji terbatas maupun uji luas termasuk ke dalam kategori tinggi. KATA KUNCI: modul, integrasi-interkoneksi, model komplementasi, cahaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 12 Jul 2013 15:39
Last Modified: 03 Feb 2016 09:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8841

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum