MANAJEMEN STRATEGIS PENGUMPULAN ZAKAT, INFAK DAN SHODAQAH (STUDI KASUS PADA BADAN AMIL ZAKAT DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

HARIS PADILAH - NIM. 01240581, (2008) MANAJEMEN STRATEGIS PENGUMPULAN ZAKAT, INFAK DAN SHODAQAH (STUDI KASUS PADA BADAN AMIL ZAKAT DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKSI div align= quot;justify quot; Badan zakat Daerah Istimewa Yogyakarta (BAZ DIY) merupakan salah satu organisasi pengelola zakat yang ada di propinsu DIY dan dibentuk oleh pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun mandate yang diembannya adalah untuk mengumpulkan, mendistribusikan, dan mendayagunakan zakat sesuai dengan ketentuan agama. Keberadaan BAZ DIY sangat penting artinya bagi Propinsi DIY dalam rangka ikut membantu Pemerintah Daerah untuk mengentaskan kemiskinan dan kesenjangan social. Bila dilihat dari potensi zakat, infaq, Shodaqoh yang cukup besar, dana yang dikumpulkan oleh BAZ sangat kecil. Ehubungan dengan itu penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi masalah-masalah strategis yang dihadapi BAZ DIY. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data terdiri dari metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis yang digunakan adalah pendekatan manajemen strategis melalui analisa SWOT serta menentukan strategi apa yang akan digunakan dalam rangka meningkatkan pengumpulan ZIS. Berdasarkan analisa SWOT diperoleh kesimpulan bahwa strategi yang dapat digunakan BAZ DIY dalam pengelolaan dana ZIS antara lain: WO (wekness-opportunities), yaitu mengatasi kelemahan dan memnfaatkan peluang dengan peningkatan profesionalisme pengurus dan pengelolaan BAZ, ST (strength-threats), yaitu menggunakan kekuatan yang dimiliki oleh BAZ untuk mengatasi ancaman dengan meningkatkan kepercayaan masyarakat, dan So (strength-opportunitites), yaitu memanfaatkan seluruh kekuatan yang dimiliki BAZ dengan mengoptimalkan pengumpulan ZIS dari muzakki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. A. Mahfudz Fauzy, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Zakat, Infak, Shodaqoh
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/885

Actions (login required)

View Item View Item