MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN (Studi Kasus Guru ISMUBA di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta)

SANIYATUL MAHFIDHOH - NIM. 03470584, (2008) MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN (Studi Kasus Guru ISMUBA di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

DESKRIPSI Saniyatul Mahfidhoh. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Guru ISMUBA di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta). Skripsi Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang Program Pengembangan SDM bagi guru Ismuba melalui pendidikan dan pelatihan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan, Faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan dan manfaat program pengembangan SDM bagi guru Ismuba di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meyempurnakan manajemen pengembangan SDM bagi Ismuba dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data yang akan penulis gunakan yaitu dengan cara Deskriptif Kualitatif berupa katakata tertulis dan lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Hasil penelitian ini menunjukkan Manajemen Pengembangan SDM di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta bagi guru Ismuba (al-Islam meliputi Aqidah, Ibadah dan akhlak, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab) dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan dilakukan melalui pelatihan profesi guru, pelatihan metode Baca Tulis Al-Quran (BTA), MGMP kota dan penataran guru ISMUBA, pelatihan administrasi KBM, pelatihan guru menyusun perangkat model penilaian pembelajaran, pelatihan implementasi KTSP, pelatihan jurnalistik, pelatihan empat bahasa (Arab, Indonesia, Inggris dan Jawa), pelatihan ICT, pelatihan Qiroah dan Tahfidzul Qur'an dan pelatihan pengoperasian komputer dan internet dan program pendidikan/studi lanjut S2.Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta dilakukan dengan menggunakan metode teknik ceramah, diskusi kelompok, presentasi audiovisual dan praktek secara langsung. Faktor-faktor yang menghambat antara lain: kurangnya pengawasan dari kepala sekolah, kurangnya minat dan motivasi dari beberapa guru Ismuba untuk mengikuti program serta tidak adanya pemilihan berdasarkan kriteria yang pasti terhadap SDM khususnya guru Ismuba yang akan diikutsertakan dalam program pendidikan dan latihan. Manfaat adanya pelaksanaan program pengembangan SDM bagi guru Ismuba di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta antara lain dapat ditunjukkan adanya peningkatan prestasi akademik siswa di bidang akademis maupun non akademis, peningkatan proses pembelajaran serta pengembangan metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. H. Muh. Anis, MA.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, SDM, Pendidikan.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/894

Actions (login required)

View Item View Item