KONTRIBUSI BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PERILAKU DELINKUEN SISWA SMA NEGERI I JATINOM KABUPATEN KLATEN JAWA TENGAH

ISNAINI ROSITA - NIM. 03220044, (2008) KONTRIBUSI BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PERILAKU DELINKUEN SISWA SMA NEGERI I JATINOM KABUPATEN KLATEN JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Kontribusi Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Perilaku Delinkuen Siswa SMA Negeri I Jatinom Kabupaten Klaten Jawa Tengah . Hasil penelitian ini diharapkan dapat mendeskripsikan bentukbentuk kontribusi yang diberikan oleh guru BK dalam membantu memecahkan masalah yang berkaitan dengan pelanggaran tata tertib sekolah yang meliputi kelakuan, kerajinan dan kerapian bagi siswa yang duduk di kelas X dan XI SMA Negeri I Jatinom Kabupaten Klaten Jawa Tengah pada Tahun Ajaran 2006/2007. Perilaku delinkuen merupakan masalah yang sangat menarik, khususnya untuk dijadikan topik dalam penelitian ini, karena hal ini berkaitan dengan kelangsungan hidup siswa, untuk itu Bimbingan dan Konseling diperlukan dalam mengadakan pilihan-pilihan dan pemecahan masalah yang dihadapi siswa. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, yaitu sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa atau kata-kata dari orang-orang dari perilaku yang dialami. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif sifatnya deskriptif yakni hasil analisis itu berupa analisis dari gejala yang diamati. Kontribusi Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi perilaku delinkuen ini adalah adanya upaya guru BK dengan menyelenggarakan bimbingan terhadap siswa baik yang bersifat preventif, kuratif maupun yang bersifat preservatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi BK dalam mengatasi pelanggaran kelakuan, kerajinan dan kerapian siswa SMA N I Jatinom adalah tata urutannya sebagai berikut; siswa diberi peringatan secara lisan, siswa diberi peringatan secara tertulis dan dipulangkan untuk menjemput orang tuanya agar datang, skorsing I, skorsing II dan dikembalikan kepada orang tua atau dikeluarkan dari sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Abror Sodik, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, Bimbngan, Konseling, Perilaku
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/895

Actions (login required)

View Item View Item