EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBINA KARIR SISWA (Studi Kelas X di SMK Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2006/2007)

SALAMAH - NIM. 03470635 , (2008) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBINA KARIR SISWA (Studi Kelas X di SMK Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2006/2007). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

DESKRIPSI b Salamah /b . Efektivitas Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Membina Karir Siswa (Studi Kelas X di SMK Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2006/2007). Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007. Layanan BK di sekolah merupakan layanan yang membantu siswa dalam megatasi masalah-masalah yang dihadapinya baik itu masalah pribadi, masalah belajar, masalah sosial, dan masalah karir. Untuk masalah karir sekolah menengah kejuruan (SMK) memegang peranan penting karena siswa diharapkan setelah lulus dapat sukses membina karir di masa depan. Namun dalam kenyataannya banyak lulusan SMK yang menjadi pengangguran, tidak dapat menerapkan ketrampilan, dan tidak dapat mengambil keputusan karirnya. Oleh sebab itu layanan bimbingan karir disini sangat berperan dalam membantu siswa dalam memahami dirinya, memahami keadaan lingkungan dunia kerja, dan memahami pendidikan lanjut yang bisa dimasuki oleh lulusan SMK, serta yang terpenting bimbingan karir membantu siswa merencanakan masa depan karirnya secara tepat dan realistis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk program layanan bimbingan karir dan efektivitas layanan bimbingan dan konseling dalam membina karir siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai masukan bagi guru BK dalam meningkatkan mutu program layanannya. Populasi dalam penelitian ini adalah guru BK yang membimbing di kelas X sebanyak 3 orang, dan sebagai pendukung seluruh siswa kelas X yang berjumlah 346 orang. Penulis menggunakan random sampling. Dalam penelitian ini penulis megambil sampel 15% dari keseluruhan siswa kelas X yaitu sebanyak 52 siswa dari 346 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentas, wawancara, dan angket. Bentuk program layanan bimbingan karir di SMK Negeri 5 Yogyakarta meliputi orientasi SMK Negeri 5 Yogyakarta, informasi jabatan, informasi pendidikan prajabatan, pengenalan perguruan tinggi, layanan pembelajaran, penyaluran kedalam pendidikan lanjutan dan penyaluran ke dalam pekerjaan, layanan konseling karir perorangan, layanan konseling karir kelompok, layanan bimbingan karir kelompok, karyawisyata, ceramah dari nara sumber, pelatihan kerja, dan pemberian informasi karir melalui kegiatan kurikuler. Adapun pengukuran efektivitas layanan bimbingan dan konseling dalam membina karir siswa kelas X dapat diyatakan cukup efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Asnafiyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, layanan BK, Karis siswa
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/896

Actions (login required)

View Item View Item