IMPLEMENTASI KEGIATAN PENDIDIKAN PEMAKAI PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN PUSPITA WANGI SDN LEMPUYANGWANGI YOGYAKARTA

HASAN HAVIDHY, NIM. 10130041 (2013) IMPLEMENTASI KEGIATAN PENDIDIKAN PEMAKAI PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN PUSPITA WANGI SDN LEMPUYANGWANGI YOGYAKARTA. Laporan D3 thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KEGIATAN PENDIDIKAN PEMAKAI PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN PUSPITA WANGI SDN LEMPUYANGWANGI YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KEGIATAN PENDIDIKAN PEMAKAI PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN PUSPITA WANGI SDN LEMPUYANGWANGI YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)

Abstract

Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penulisan laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini adalah : (1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan pendidikan pemakai perpustakaan di perpustakaan Puspita Wangi SDN Lempuyangwaangi Yogyakarta? (2) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan pemakai perpustakaan di perpustakaan Puspita Wangi SDN Lempuyangwaangi Yogyakarta? . Metode pengumpulan data yang dipakai penulis yaitu : studi pustaka, observasi, dan wawancara. Pendidikan pemakai merupakan aktivitas yang bertujuan untuk mendidik pengguna, mulai dari penelusuran sumber-sumber informasi yang tersedia serta tentang cara pemanfaatan sarana-prasarana yang tersedia di Perpustakaan. Kegiatan pendidikan pemakai di perpustakaan Puspita Wangi merupakan kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan pada tahun ajaran 2012/2013. Tujuan diadakannya pendidikan pemakai di perpustakaan Puspita Wangi SDN Lempuyangwangi Yogyakarta yaitu : (1) Mengenalkan sistem otomasi yang digunkan perpustakaan kepada para pengguna (2) Mengenalkan berbagai jenis literatur yang dimiliki perpustakaan yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran siswa (3) Mengenalkan sarana-prasarana yang dimiliki perpustakaan serta cara pemanfaatannya (4) Membimbing pengguna untuk dapat melayani dirinya diperputakaan secara mandiri. Teknik pendidikan pemakai yang digunakan adalah : (1) ceramah (2) praktik penggunakan sarana-prasarana perpustakaan. Kendala dalam pelaksanaan pendidikan pemakai meliputi : (1) kurangnya partisipasi elemen sekolah (2) masalah waktu yang singkat (3) tidak adanya anggaran khusus pelaksanaan pendidikan pemakai. Ada beberapa saran yang di berikan penulis antara lain (1) Diharapkan pustakawan melakukan pengkaderan terhadap guru dan karyawan untuk menjadi pembimbing kegiatan pendidikan pemakai (2) Diharapkan perpustakaan Puspita Wangi dalam merencakan kegiatan pendidikan pemakai memperhatikan perbandingan antara jumlah pembimbing dengan jumlah peserta, sehingga pembimbing dapat mengontrol peserta bimbingnya secara menyeluruh (3) Diharapkan kegiatan pendidikan pemakai di perpustakaan Puspita Wangi dapat dilakukan secara rutin atau terprogram, hal ini dikarenakan adanya penambahan anggota baru setiap tahun ajaran baru (4) Diharapkan dalam pelaksanaan pendidikan pemakai di perpustakaan Puspita Wangi dilengkapi dengan sarana pendukung, seperti buku panduan bagi pengguna atau dalam bentul leaflet, sehingga peserta selain mendapatkan materi dari kegiatan pendidikan pemakai secara langsung juga dapat mempelajari ulang materi tersebut tanpa harus bertanya kepada pustakawan (5) Diharapkan perpustakaan Puspita Wangi memberikan anggaran khusus untuk kegiatan pendidikan pemakai. Kata kunci : pendidikan pemakai

Item Type: Thesis (Laporan D3)
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (D3)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Jul 2013 16:42
Last Modified: 07 Oct 2015 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8964

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum