ANALISIS THE BIG SIX MODEL DALAM RANGKA IMPLEMENTASI INFORMATION LITERACY DI PERPUSTAKAAN

SRI ROHYANTI ZULAIKHA, - (2008) ANALISIS THE BIG SIX MODEL DALAM RANGKA IMPLEMENTASI INFORMATION LITERACY DI PERPUSTAKAAN. FIHRIS, Volume III Nomor 2 (Juli-Desember 2008).

[img]
Preview
Text
SRI ROHYANTI ZULAIKHA ANALISIS THE BIG SIX MODEL DALAM RANGKA.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Seiring dengan kemajuan informasi, semua orang harus menyadari bahwa mereka dapat mengambil manfaat pada situasi tersebut untuk seluruh jenis kebutuhannya. Di era ini, setiap individu harus mempelajari tentang bagaimana memperoleh informasi dan berusaha untuk mengaturnya sehingga dapat berguna bagi masyarakat. Langkah ini merupakan proses pencapaian terhadap apa yang dinamakan dengan literacy. Saat ini, kemajuan tersebut sedang mencapai pada titik yang disebut sebagai “the explosion of information” yang meliputi perbincangan Information Literacy, Computer Literacy, Technology Literacy dan Digital Literacy. Titik fokus dalam kajian ini adalah “information litercy” yang dimaksudkan sebagai suatu kemampuan untuk menemukan dan menggunakan informasi yang hasilnya diharapkan tercapainya sebuah kontinuitas pemberdayaan informasi. Dengan kemampuan ini, lalu para siswa, mahasiswa, dan masyarakat secara umum dapat belajar secara mandiri. Berkaitan dengan hal tersebut, tulisan ini mencoba menganalisis model penerapan Information Literacy dengan pendekatan the Big Six Models yang ditawarkan oleh Eisenberg and Berkowitz. Artikel ini memperlihatkan bagaimana model tersebut dapat diterapkan kepada siswa(i) di sekolah serta peran perpustakaan dalam mengantisipasi penerapan ini. Terakhir, tulisan ini juga mencoba mengangkat pandanganpandangan para ahli tentang rekomendasi mereka dalam implementasi model tersebut terhadap Information Literacy.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: The Big Six Model, Information Literacy, School Library
Subjects: Fihris Jurnal
Divisions: E-Journal
Depositing User / Editor: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 26 Jul 2013 16:51
Last Modified: 13 Oct 2017 14:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9016

Actions (login required)

View Item View Item