BROSUR LEBARAN KOTAGEDE SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Studi Terhadap Artikel-Artikel Bernilai agama Periode 1997- 2001)

KHUSNA NUR APRILIANA - NIM. 00210135 , (2008) BROSUR LEBARAN KOTAGEDE SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Studi Terhadap Artikel-Artikel Bernilai agama Periode 1997- 2001). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (BROSUR LEBARAN KOTAGEDE SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Studi Terhadap Artikel-Artikel Bernilai agama Periode 1997- 2001))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (821kB) | Preview
[img] Text (BROSUR LEBARAN KOTAGEDE SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Studi Terhadap Artikel-Artikel Bernilai agama Periode 1997- 2001))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)

Abstract

ABSTRAK Keberhasilan aktifitas dakwah disamping ditentukan oleh kemampuan da'i, metode, materi, dan Hidayah Allah, peranan media yang digunakan cukup besar pengaruhnya, terutama untuk sasaran dakwah yang jauh letaknya. Salah satu upaya terpenting dalam dakwah adalah komunikasi, yaitu suatu transfer (memindahkan) informasi dari seseorang kepada orang lain, baik secara perseorangan maupun berkelompok sebagai suatu proses sosial secara berhadapan langsung maupun melalui suatu media. Dan diantara sekian banyak media masa ada satu media masa yang cukup menarik perhatian peneliti, media masa tersebut adalah Brosur Lebaran Kotagede. Brosur Lebaran Kotagede ini berfungsi sebagai salah satu media dakwah. Kehadiran Brosur ditengah-tengah masyarakat Kotagede telah membawa manfaat bagi berbagai kalangan, seperti sebagai sarana silaturahmi lebaran, sarana promosi, komunikasi, kreatifitas, wadah kegiatan, sebagai salah satu mata rantai regenerasi organisasi. Oleh karenanya peneliti merasa sangat tertarik untuk melakukan penelitian dalam Brosur Lebaran Kotagede khususnya mengenai artikel-artikel yang bernilai agama dalam Brosur Lebaran. Karena melalui artikel-artikel inilah dakwah Islam dapat sampai kepada pembaca Brosur Lebaran Kotagede.Dalam penelitian ini peneliti ingin mendeskripsikan mengenai muatan keagamaan yang terkandung didalam artikel lepas. Brosur Lebaran Kotagede sebagai suatu lembaga atau media dibawah naungan Muhammadiyah, diharapkan mampu memberi nuansa penyegaran terhadap dinamika organisasi tanpa meninggalkan nilai-nilai yang mendasarinya, dalam hal ini keislaman dan kemuhammadiyahan. Kelahiran Brosur Lebaran Kotagede sebagai misi penyeimbangan berbagai kekuatan ideologi yang bertikai pada waktu itu, kiranya sudah sepantasnya kini dijadikan sebagai media tangkal terhadap keterbelakangan yang membelenggu ditengah kemajuan Iptek yang begitu pesat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Hamdan Daulay, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Artikel, Brosur Lebaran, Media Dakwah
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 05 May 2012 15:20
Last Modified: 27 Dec 2016 02:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/902

Actions (login required)

View Item View Item