EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS PORTOFOLIO DI MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA

NURUL HIDAYAH - NIM. 02421450, (2008) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS PORTOFOLIO DI MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS PORTOFOLIO DI MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS PORTOFOLIO DI MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (978kB)

Abstract

Eksperimentasi Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Portofolio di MA Wahid Hasyim Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapan ada tidaknya perbedaan antara model pembelajaran bahasa Arab yang berbasis portofolio dengan model pembelajaran bahasa Arab tanpa berbasis portofolio pada siswa kelas XI MA Wahid Hasyim Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Wahid Hasyim Yogyakarta tahun ajaran 2006/2007 sebanyak 25 siswa. Dalam penelitian ini diambil dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran bahasa Arab berbasis portofolio dan kelompok kontrol sebagai pembanding. Untuk kelompok eksperimen ada 14 siswa, sedang kelompok kontrol 11 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode test, interview, observasi dan dokumentasi. Untuk perhitungan analisis data menggunakan program SPSS 12. pada uji Instrumen menggunakan uj Validitas dan Reliabilitas. Hasil ji Validitas menunjukkan dari 25 butir soal test seluruhnya terbukti valid, sedangkan hasil uji reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,877 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dengan menggunakan Rumus t tes , dari hasil analisis tersebut dihasilkan nilai to tt (2,257 1,71), dengan nilai rata-rata untuk kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran bahasa Arab berbasis portofolio sebesar 73,43, dan nilai rata-rata untuk kelompok kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran bahasa Arab berbasis portofolio sebesar 62,18. karena to (t observasi) lebih besar dari tt (t tabel), maka dinyatakan Ho itolak. Untuk persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus Kaikuadrat. Pada uji normalitas ini terbukti data berdistribusi normal dengan hasil X2 hitung lebih kecil daripada harga kritik Kai-kuadrat dalam tabel (5,86 14,06). Hasil penelitian menunjukkan: 1) model pembelajaran bahasa Arab berbasis portofolio terbukti dapat membantupeningkatan dan penguasaan belajar siswa kelas XI MA Wahid Hasyim Yogyakarta. 2) ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan model pembelajaran bahasa Arab berbasis portofolio dan tanpa menggunakan model pembelajaran bahasa Arab berbasis portofolio.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Radjasa Mu'tasim, M.si.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, protofolio
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 06 May 2012 04:05
Last Modified: 31 Mar 2017 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/904

Actions (login required)

View Item View Item