PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA SMP/MTS KELAS VIII BERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI BRUNER MATERI KUBUS

APRI YANI WULANDARI, NIM. 09600032 (2013) PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA SMP/MTS KELAS VIII BERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI BRUNER MATERI KUBUS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA SMP/MTS KELAS VIII BERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI BRUNER MATERI KUBUS )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA SMP/MTS KELAS VIII BERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI BRUNER MATERI KUBUS )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Subject Specific Pedagogy (SSP) Matematika SMP/MTs berbasis tahap berpkir van Hiele dan teori Bruner materi pokok Kubus di kelas VIII semester II untuk yang layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika. SSP yang dikembangkan meliputi petikan silabus, RPP, LKS, media pembelajaran, dan instrumen penilaian. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model prosedural ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian SSP, tes, lembar observasi, skala respon guru, dan skala respon siswa. SSP Matematika berbasis tahap berpikir van Hiele dan teori Bruner dikembangkan dengan lima tahap pengembangan yaitu tahap analisis (analysis) yang meliputi analisis kurikulum, karakteristik siswa, dan kebutuhan guru, kemudian dilanjutkan dengan tahap perancangan (design) yang terdiri dari penyusunan peta kebutuhan SSP, penyusunan kerangka SSP, penentuan judul SSP, dan penyusunan instrumen penelitian pengembangan. Tahap berikutnya adalah pengembangan (development) yaitu penulisan SSP dan penyuntingan produk awal SSP. Pada tahap ini SSP diperoleh kualitas SSP sangat baik dengan skor rata-rata 217 dari skor maksimal 250 dan persentase keidealan 86,80%. Pada tahap implementasi (implementation) dilakukan uji coba empiris dengan menguji kan produk SSP dalam proses pembelajaran di kelas VIII F MTs Negeri II Yogyakarta, memberikan pretest-posttest, serta memberikan skala respon guru dan siswa terhadap SSP. Tahap evaluasi (evaluation) merupakan tahap terakhir yaitu tahap analisis hasil pretest-posttest dan skala respon untuk keperluan pengambilan keputusan. Berdasarkan hasil analisis pada tahap evaluasi diperoleh bahwa SSP telah teruji efektif yang ditunjukkan dari nilai rata-rata posttest 70,67 yang lebih besar dari nilai rata-rata pretest 37,18 dari skor maksimal 100 serta kinerja SSP mencapai krit eria baik dengan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 64,52%. Selain itu, SSP teruji praktis yang ditunjukkan dari respon guru dan siswa. Guru memberikan respon sangat positif terhadap SSP berdasarkan perolehan skor rata-rata hasil skala respon guru sebesar 67,33 dari skor maksimal 80 dengan persentase 84,17%. Siswa memperikan respon positif terhadap SSP berdasarkan perolehan skor rata-rata 64,58 dari skor maksimal 80 dengan persentase 80,73%. Kata Kunci : Subject Specific Pedagogy (SSP), van Hiele, teori Bruner, kubus

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Jul 2013 15:30
Last Modified: 25 Jan 2016 11:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9040

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum