EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE RECIPROCAL TEACHING DENGAN TEKNIK JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA

HALIMAH SA’DIYAH, NIM. 07600033 (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE RECIPROCAL TEACHING DENGAN TEKNIK JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE RECIPROCAL TEACHING DENGAN TEKNIK JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE RECIPROCAL TEACHING DENGAN TEKNIK JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan proses untuk mencapai tujuan pembelajaran dimana di dalamnya terdapat banyak aspek yang mempengaruhi dan dipengaruhi. Salah satu sekolah yang memiliki permasalahan tentang proses pembelajaran dan hasil belajar matematika adalah SMA Negeri 11 Yogyakarta dimana kegiatan proses pembelajaran di kelas hanya menggunakan metode konvensional dan hasil belajar yang didapat masih di bawah ratarata ditinjau dari KKM yang berlaku di sekolah. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang penggunaan metode reciprocal teaching dengan teknik jigsaw dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas metode pembelajaran reciprocal teaching dengan teknik jigsaw dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang menggunakan metode ekspositori terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu ( Quasi Experimental ) dengan desain penelitian Pretets-posttest control group design. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas berupa metode pembelajaran reciprocal teaching dengan teknik jigsaw, variabel terikat berupa hasil belajar matematika siswa dan variabel kontrol berupa materi dan guru mata pelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 11 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 289 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas X I sebagai kelas kontrol dan kelas X H sebagai kelas eksperimen. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes, angket dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test dan non parametric test, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah nilai posttest pada ranah kognitif dan nilai gain angket pada ranah afektif. Hasil penelitian ini adalah ( 1 ) hasil belajar matematika siswa yang mengikuti metode pembelajaran reciprocal teaching dengan teknik jigsaw lebih tinggi dan berbeda secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang mengikuti metode pembelajaran ekspositori. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji-t dengan data nilai posttest diperoleh nilai sig ( 1 tailed ) = 0,022 dan uji mann-whitney dengan data nilai gain angket diperoleh nilai sig = 0,000 artinya nilai pada kelas eksperimen berbeda dan lebih tinggi secara signifikan dari kelas kontrol ( 2 ) metode pembelajaran reciprocal teaching dengan teknik jigsaw lebih efektif digunakan daripada pembelajaran ekspositori dilihat dari hasil belajar siswa kelas kontrol dan eksperimen pada materi Sistem Persamaan Linier. Kata Kunci :efektivitas, Reciprocal teaching, Jigsaw, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 30 Jul 2013 09:09
Last Modified: 27 Jan 2016 07:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9046

Actions (login required)

View Item View Item