PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BRAILLE BERBANTUAN MODEL TIGA DIMENSI (3D) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR BIOLOGI MATERI POKOK VIRUS UNTUK SISWA DIFABEL NETRA SMA/MA KELAS X

IKA YULI SUDARYANTI, NIM. 08680008 (2013) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BRAILLE BERBANTUAN MODEL TIGA DIMENSI (3D) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR BIOLOGI MATERI POKOK VIRUS UNTUK SISWA DIFABEL NETRA SMA/MA KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BRAILLE BERBANTUAN MODEL TIGA DIMENSI (3D) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR BIOLOGI MATERI POKOK VIRUS UNTUK SISWA DIFABEL NETRA SMA/MA KELAS X)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BRAILLE BERBANTUAN MODEL TIGA DIMENSI (3D) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR BIOLOGI MATERI POKOK VIRUS UNTUK SISWA DIFABEL NETRA SMA/MA KELAS X)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan modul biologi braille berbantuan model tiga dimensi (3D) virus sebagai alternatif sumber belajar biologi materi pokok virus untuk siswa difabel netra SMA/MA kelas X berdasarkan penilaian dosen ahli dan guru biologi, serta mengetahui tanggapan siswa difabel netra terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian pengembangan didasarkan pada fakta lapangan dimana siswa difabel netra di sekolah inklusif belum memperoleh fasilitas dan sarana yang memadai untuk menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model prosedural menggunakan prosedur pengembangan ADDIE terbatas yaitu Analysis, Design, Development dilanjutkan dengan prosedur pengembangan dari Sugiyono (2010) yaitu validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk. Kualitas produk dinilai melalui uji coba secara terbatas dengan subjek coba empat guru biologi dan lima siswa difabel netra setelah sebelumnya produk disunting oleh tiga dosen ahli, yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli pendidikan inklusif. Intrumen pengumpulan data berbentuk angket dengan aspek penilaian meliputi aspek materi, aspek penyajian, aspek keterbacaan/bahasa, aspek grafika, dan aspek bahan. Produk penelitian pengembangan ini adalah modul biologi braille berbantuan model tiga dimensi (3D) sebagai alternatif sumber belajar biologi materi pokok virus untuk siswa difabel netra SMA/MA kelas X. Berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, ahli pendidikan inklusif dan guru biologi, kualitas produk dinyatakan Sangat Baik (SB) dan layak digunakan sebagai sumber belajar alternatif dengan persentase keidealan modul biologi braille secara berturut-turut 82,3%; 97,1%; 95,6%; 86,1% dan persentase keidealan model 3D virus berturutturut sebesar 84,3%; 100%; 100%; 94,7%. Berdasarkan tanggapan siswa difabel netra produk memiliki kualitas yang Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan modul biologi braille 87,2% dan model 3D virus 90%. Kata kunci: modul biologi braille, model tiga dimensi, virus, difabel netra, inklusif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 31 Jul 2013 16:39
Last Modified: 03 Mar 2016 13:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9060

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum