PENGARUH STRATEGI PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN GANDEKAN BANTUL

DEBBY ARUNI AMANAH, NIM. 09680021 (2013) PENGARUH STRATEGI PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN GANDEKAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH STRATEGI PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN GANDEKAN BANTUL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH STRATEGI PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN GANDEKAN BANTUL)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Strategi POE terhadap minat belajar siswa pada materi pokok sistem pernapasan, 2) Strategi POE terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif materi pokok sistem pernapasan, 3) Strategi POE terhadap hasil belajar siswa pada ranah afektif materi pokok sistem pernapasan, 4) Strategi POE terhadap hasil belajar siswa pada ranah psikomotorik materi pokok sistem pernapasan. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasy Experiment) dengan desain penelitian matching pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI yang terdiri atas 3 kelas dan diambil 2 sampel secara random, yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan data test, angket minat belajar dan hasil belajar afektif, serta lembar observasi psikomotorik. Analisis data menggunakan uji ttest untuk data hasil belajar dan uji Mann Whitney U untuk data minat belajar, data hasil belajar pada ranah afektif, dan ranah psikomotor. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh strategi POE terhadap minat belajar siswa, (memperoleh nilai statistik Mann Whitney U sebesar 75,50 (<W0,05=278) dengan p-value sebesar 0,004 (>0,05)). 2) Terdapat pengaruh strategi POE terhadap hasil belajar kognitif siswa, (nilai t hitung sebesar - 3,610 (< -2,052) dengan p-value (sig.) 0,001). 3) Strategi POE tidak memberikan pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar afektif siswa, (memperoleh statistik uji Mann Whitney U untuk hasil belajar afektif mempunyai nilai sebesar 315,500 (<W0,95=408) dengan p-value sebesar 0,280 (>0,05)). 4) Strategi POE tidak memberikan pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar psikomotorik siswa, (memperoleh statistik uji Mann Whitney U mempunyai nilai sebesar 116,500 (<W0,05=278) dengan p-value sebesar 0,098 (>0,05)). Kata Kunci: Predict-Observe-Explain (POE), Minat Belajar, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 31 Jul 2013 17:26
Last Modified: 02 Mar 2016 16:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9063

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum