PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS FENOMENA MELALUI METODE DEMONSTRASI- EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI JATIGUNUNG I

FARIDA ARDIYANTI, NIM. 07690003 (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS FENOMENA MELALUI METODE DEMONSTRASI- EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI JATIGUNUNG I. Skripsi thesis, FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS FENOMENA MELALUI METODE DEMONSTRASI- EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI JATIGUNUNG I )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS FENOMENA MELALUI METODE DEMONSTRASI- EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI JATIGUNUNG I )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengaruh pembelajaran berbasis fenomena melalui metode demonstrasi-eksperimen terhadap keterampilan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar Negeri Jatigunung I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran berbasis fenomena melalui metode demonstrasi-eksperimen berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar Negeri Jatigunung I. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Jatigunung I, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas IVA dan IVB. Pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data dengan metode tes. Metode ini digunakan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah independent sample ttest (Uji-t). Uji lanjut yang digunakan setelah uji t adalah uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis fenomena melalui metode demonstrasi-eksperimen berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar Negeri Jatigunung I. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan menggunakan uji-t. Hasil yang didapatkan dengan menggunakan uji-t sebesar: xvi =2,43 sedangkan untuk =2,036. Karena , maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis fenomena melalui metode demonstrasi-eksperimen berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar Negeri Jatigunung I. Berdasarkan hasil uji lanjut Tukey didapat nilai = 3,43 sedangkan = 2,87. Karena , maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis fenomena melalui metode demonstrasi-eksperimen lebih baik dibandingkan model pembelajaran berbasis fenomena melalui metode eksperimen terhadap keterampilan berpikir kritis. Kata kunci : model pembelajaran berbasis fenomena, metode demonstrasi, metode eksperimen, keterampilan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Aug 2013 15:31
Last Modified: 03 Feb 2016 11:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9078

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum