EFEKTIVITAS METODE QUESTIONS STUDENTS HAVE DAN MIND MAPS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA N 2 BANGUNTAPAN BANTUL

GALUH EKO PURWANTO, NIM. 08680051 (2013) EFEKTIVITAS METODE QUESTIONS STUDENTS HAVE DAN MIND MAPS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA N 2 BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE QUESTIONS STUDENTS HAVE DAN MIND MAPS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA N 2 BANGUNTAPAN BANTUL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE QUESTIONS STUDENTS HAVE DAN MIND MAPS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA N 2 BANGUNTAPAN BANTUL)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) efektivitas metode Questions Students Have dan Mind Maps terhadap hasil belajar biologi pada aspek kognitif siswa kelas X di SMA N 2 Banguntapan Bantul pada materi bakteri, 2) tanggapan siswa terhadap efektivitas metode Questions Students Have dan Mind Maps untuk meningkatkan hasil belajar biologi pada aspek kognitif siswa kelas X di SMA N 2 Banguntapan Bantul pada materi bakteri. Penelitian ini berjenis quasi exsperiment dengan desain randomized pretestposttest control group design. Variabel penelitian terdiri dari: 1) variabel bebas berupa metode Questions Students Have dan Mind Maps, 2) variabel terikat berupa hasil belajar biologi pada aspek kognitif siswa. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas X di SMA N 2 Banguntapan Bantul. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian terdiri dari kelas X2 (kelas perlakuan I), kelas X6 (kelas perlakuan II), dan kelas X7 (kelas kontrol). Data diperoleh melalui instrumen tes (pretest-posttest) dan angket tanggapan siswa. Analisis data hasil belajar biologi pada aspek kognitif siswa menggunakan uji anava satu jalur sedangkan tanggapan siswa menggunakan teknik persentase kategori tanggapan siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa Metode Questions Students Have efektif dalam meningkatkan hasil belajar biologi pada aspek kognitif siswa. Hal ini ditunjukkan dengan signifikansinya sebesar 0,000 (< 0,05) dan rata-rata nilai hasil belajar biologi sebesar 75,67. Demikian pula pada penerapan Metode Mind Maps juga efektif dalam meningkatkan hasil belajar biologi pada aspek kognitif siswa. Hal ini ditunjukkan dengan signifikansinya sebesar 0,000 (< 0,05) dan rata-rata nilai hasil belajar biologi sebesar 82,86. Untuk tanggapan siswa menunjukkan bahwa siswa memberikan tanggapan yang baik terhadap penerapan metode Questions Students Have dan Mind Maps efektif terhadap hasil belajar biologi pada aspek kognitif siswa kelas X di SMA N 2 Banguntapan Bantul pada materi bakteri. Kata kunci : Metode Questions Students Have, metode Mind Maps, hasil belajar biologi pada aspek kognitif siswa, dan tanggapan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Aug 2013 15:45
Last Modified: 03 Mar 2016 13:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9081

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum