PENGEMBANGAN INSTRUMEN TCI (THERMODYNAMIC CONCEPT INVENTORY) BERBASIS REPRESENTASI GRAFIK DISERTAI ALASAN SETENGAH TERBUKA PADA MATERI TERMODINAMIKA

INDANA ZULFA, NIM. 08690046 (2013) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TCI (THERMODYNAMIC CONCEPT INVENTORY) BERBASIS REPRESENTASI GRAFIK DISERTAI ALASAN SETENGAH TERBUKA PADA MATERI TERMODINAMIKA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN TCI (THERMODYNAMIC CONCEPT INVENTORY) BERBASIS REPRESENTASI GRAFIK DISERTAI ALASAN SETENGAH TERBUKA PADA MATERI TERMODINAMIKA )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (30MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN TCI (THERMODYNAMIC CONCEPT INVENTORY) BERBASIS REPRESENTASI GRAFIK DISERTAI ALASAN SETENGAH TERBUKA PADA MATERI TERMODINAMIKA )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk berupa perangkat instrumen TCI (Thermodynamic Concept Inventory) berbasis representasi grafik disertai alasan setengah terbuka, (2) menyelidiki karakteristik butir soal instrumen TCI dan (3) mengetahui miskonsepsi apa saja yang dapat diungkap melalui perangkat instrumen TCI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan mengadaptasi dari model pengembangan 4-D. Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu define, design, develop, and disseminate yang diadaptasi menjadi model 4-P, yaitu pendefinisian mencakup studi pustaka untuk memunculkan dan menetapkan miskonsepsi yang sering terjadi pada materi fisika; perancangan mencakup pemilihan format instrumen, penyusunan kisi-kisi, dan konstruksi instrumen; pengembangan mencakup validasi logis dan validasi empiris; penyebaran mencakup penggunaan instrumen yang telah dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII SMA Negeri 1 Pakem, Sleman dan SMA Negeri 2 Ngaglik, Sleman tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 78 siswa pada uji terbatas dan 132 siswa pada uji luas. Hasil penelitian berupa perangkat instrumen TCI berbasis representasi grafik disertai alasan setengah terbuka dengan memenuhi kualitas instrumen yang baik, yaitu melalui langkah-langkah model pengembangan 4-D. Karakteristik butir soal perangkat instrumen TCI yang dikembangkan mempunyai nilai reliabilitas 0,9929; daya pembeda 35% baik, 30% cukup, 35% jelek; tingkat kesukaran soal 10% dalam kategori mudah, 30% dalam kategori sedang dan 60% dalam kategori sukar; efektivitas pengecoh soal 75% dalam kategori efektif dan 25% tidak efektif. Adapun profil miskonsepsi yang telah berhasil diidentifikasi dengan perangkat instrumen TCI pada materi termodinamika, yaitu: usaha dalam termodinamika sebesar 64,95%; hukum I termodinamika sebesar 31,07%; dan hukum II termodinamika sebesar 3,98%. Kata kunci: Thermodynamic Concept Inventory, Representasi Grafik, Soal Pilihan Ganda Disertai Alasan Setengah Terbuka, Miskonsepsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Aug 2013 15:53
Last Modified: 04 Feb 2016 10:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9082

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum