PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TK ABA NITIKAN UMBULHARJO YOGYAKARTA

NURJANAH SUSILANINGTYAS - NIM. 03410035, (2008) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TK ABA NITIKAN UMBULHARJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TK ABA NITIKAN UMBULHARJO YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (997kB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TK ABA NITIKAN UMBULHARJO YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)

Abstract

Pendidikan agama Islam di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Nitikan Umbulharjo Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta:P Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang materi, metode, media, evaluasi dan hasil yang dipakai dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam. Hasil ini diharapkan akan dipergunakan untuk menyempurnakan pelaksanaan pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar TK ABA Nitikan Umbulharjo Yogyakarta yang mengkhususkan pada kelas Program Terpadu pada tahun ajaran 2006/ 2007. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan subyek penelitian kepala sekolah, guru, karyawan dan siswa di TK ABA Nitikan Umbulharjo Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data dengan dua modus yaitu membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan: (1). Pelaksanaan pendidikan agama Islam di TK ABA Nitikan program terpadu memiliki tujuan membantu meletakkan dasar pendidikan anak ke arah perkembangan akhlak, sikap, perilaku, pengetahuan, ketrampilan dan kreatifitas. (2). Materi pendidikan di TK ABA mengacu pada Kurikulum 2004, Pedoman Kemuhammadiyahan dan Keasyiyahan serta kurikulum PAI Departemen Agama. (3). Metode yang digunakan meliputi metode cerita, metode cirle the time atau lingkaran kalender, metode tanyajawab, metode tamasya, metode demonstrasi dan metode hafalan. (4). Faktor pendukung dalam pendidikan agama Islam yaitu pelaksanaan administrasi pendidikan dan pengajaran yang telah tertata dengan baik, organisasi Muhammadiyah yang sangat mendukung, kualitas guru, kuantitas sumber daya manusia yang cukup, alat peraga yang menarik, saran dan prasarana yang memadai. Faktor penghambatnya adalah kurangnya tindak lanjut dari orangtua dirumah, belum adanya tenaga khusus yang menangani perpustakaan. (5) Evaluasi pendidikan di TK ABA Nitikan menggunakan model penilaian yang dilakukan oleh guru terhadap anak didiknya secara langsung melalui observasi, cerdas cermat agama, dan unjuk kerja yang bertujuan untuk mengetahui apakah anak dapat menangkap materi yang diberikan oleh guru dengan menggunakan metode dan media tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H Sardjuli, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: PAI, TK ABA
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 06 May 2012 03:43
Last Modified: 04 Aug 2017 07:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/909

Actions (login required)

View Item View Item