PENERAPAN METODE MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MATA PELAJARAN IPA TENTANG SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV MI WAHID HASYIM TAHUN PELAJARAN 2012/2013

BUDI ARIFIN, NIM. 09481037 (2013) PENERAPAN METODE MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MATA PELAJARAN IPA TENTANG SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV MI WAHID HASYIM TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MATA PELAJARAN IPA TENTANG SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV MI WAHID HASYIM TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MATA PELAJARAN IPA TENTANG SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV MI WAHID HASYIM TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Budi Arifin. Penerapan metode Mind Map dalam Pembelajaran IPA tentang Sumber Daya Alam untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV di MI Wahid Hasyim Sleman Tahun Pelajaran 2012/2013. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2013. Latar belakang penelitian ini adalah berangkat dari kegelisahan peneliti akan situasi pembelajaran IPA kelas IV MIWH yang sangat tidak kondusif karena rendahnya motivasi belajar dikelas dan untuk mengetahui implementasi Penerapan metode Mind Map dalam pembelajaran IPA tentang sumber daya alam untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV di MI Wahid Hasyim Sleman Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan tindakan kelas dengan subyek penelitian peserta didik kelas IV di MI Wahid Hasyim Tahun Ajaran 2012/2013. Jumlah peserta didik 13 orang dengan rincian 6 putra dan 7 putri. Pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Mind Map dilaksanakan sebagaimana proses pembelajaran disetiap siklusnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, angket motivasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Analisis data kualitatif dengan melalui beberapa langkah yakni pengumpulan data, reduksi data display dianlisis dengan membuat Persentase, Mean, Standar Deviasi dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: ( 1) Pembelajaran dengan menggunakan metode Mind Map dilaksanakan dengan pembelajaran yang menyenangkan dan difokuskan terhadap kreativitas peserta didik. Peserta didik dibiarkan menuangkan ide yang ada dalam pikiran mereka kedalam gambar-gambar yang menarik dan mudah diingat. ( 2) Berdasarkan observasi motivasi pembelajaran IPA dengan penerapan metode Mind Map dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV. Pada siklus I persentase motivasi sebesar 54% dengan kategori sedang, pencapaian rata-rata 53 dan SD 8. siklus II rata-rata persentase motivasi sebesar 100% dengan kategori tinggi, pencapaian rata-rata 64 dan SD 5. Kata kunci: Penerapan Metode Mind Map, Sumber Daya Alam, dan Motivasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Aug 2013 10:36
Last Modified: 24 Jan 2017 16:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9107

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum