METODE MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR ALQUR'AN SANTRI KELAS VII Dl MTs PONPES IBNUL QOYYIM BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012

DHIMAS RHOMAULIAN UTOMO, NIM. 07410345 (2013) METODE MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR ALQUR'AN SANTRI KELAS VII Dl MTs PONPES IBNUL QOYYIM BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (METODE MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR ALQUR'AN SANTRI KELAS VII Dl MTs PONPES IBNUL QOYYIM BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (METODE MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR ALQUR'AN SANTRI KELAS VII Dl MTs PONPES IBNUL QOYYIM BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa motivasi belajar Al-Qur'an santri kelas VII di MTs Ponpes Ibnul Qoyyim Putra masih rendah. Hal ini ditandai dengan mengantuknya santri di kelas, adanya santri yang belum bisa membaca Al-Qur'an, jarak dengan rurnah yang jauh, dan sa-ntri yang harus terpisah dengan keluarga, dan kegiatan yang terlalu padat. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang mempenaaruln motivasi belajar, dan bagaimana metode guru dalam menumbuhkan motivasi belajar Al-Qur'an. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang rnempengaruhi motivasi belajar Al.-Qur'an baik penghambat atau pendukung, dan mengetahui metode yang digunakan guru Al-Qur'an dalam menumbuhkan motivasi belajar Al-Qur'an santri kelas VII di MTs Ponpes Ibnul Qoyyim Putra. Penelitian ini temasuk jenis penelitian deskriptif-kualitatif Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, dokurnentasi dan observasi partisipatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah Ponpes Ibnul Qoyyim Putra, gura Al-Qur'an, guru pernbimbing balagoh, guru Pendamping Asrama dan santri. HasiI penelitian menunjukkan : I) faktor pendukung motivasi belajar AI-Qur'an santri kelas VII diantaranya., lingkungan yang kondusif untuk belajar, adanya guni pendarnpi.ng kamar yang seialu mendampingi belajar santri, kegiatan halagoh sebagai pendukung bidang studi Al-Quran, serta kurikulum yang terintegrasi dengan kegiatan ektra santri, dan faktor penghambat rnotivasi belajar Al-Qur'an diantaranya., ternan, kegiatan yang terialu padat serta pertemuan di kelas dengan santri yang hanya satu jam pelajaran., santri yang harus berpisah dengan keluarga, dan jarak dengan rumah yang jauh. 2) Metode yang digunakan guru untuk menumbuhkan motivasi belajar Al-Qufan santri kelas VII meliputi menumbuhkan minat, memberikan pujian, nilai/angka, dan memberikan hadiah kepada santri yang berprestasi dan adanya rasa kompetisi diantara santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Aug 2013 11:02
Last Modified: 28 Jul 2017 13:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9109

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum