PEMANFAATAN MEDIA E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

DZULIAL ALBAB AMIROT, NIM. 07410305 (2013) PEMANFAATAN MEDIA E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN MEDIA E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN MEDIA E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dewasa ini kemajuan teknologi telah merambah ke segala bidang kehidupan, mulai dari bidang ekonomi, bisnis, hiburan, budaya, dan pendidikan. Sekolah sebagai lembaga pendidikan merupakan tempat atau wadah yang sangat berkepentingan dengan TI (teknologi informasi). Dengan media e-learning, didalamnya terdapat aplikasi yang banyak membantu untuk penyampaian materi pembelajaran. Latar belakang dalam penelitian ini terkait dengan peran teknologi yang sudah sangat maju dan sangat memudahkan untuk sarana pendidikan tentunya jika digunakan dalam proses pembelajaran PAI. Maka seharusnya pengembangan program pembelajaran melalui e-learning ini harus jelas pengelolaannya, serta bagaimana bentuk pemanfaatan e-learning yang dikembangkan di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta seyogyanya mempermudah bagi para guru dan siswa dalam proses transformasi keilmuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan program e-learning dan pemanfaatannya di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta yang dijadikan sebagai sarana pendidikan. Selain itu, penelitian ini bertujuan agar para guru dan praktisi pendidikan terus berusaha memanfaatkan berbagai media untuk melaksanakan program pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Untuk mengungkapkan permasalahan tersebut dalam penelitian ini penulis menggunakan metode diskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi, metode dokumentasi, dan menetapkan beberapa subjek yang dijadikan sebagai sumber data utama (informan). Setelah penulis melakukan penelitian maka dapat diketahui bahwa pemanfaatan e-learning di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta bisa memberikan kontribusi dalam peningkatan transformasi keilmuan, khusunya dalam bidang Pembelajaran Agama Islam. Sehingga penyampaian materi pembelajaraan melalui media e-learning ini dapat meningkatkan mutu belajar siswa. Pertama, media elearning dapat dijadikan sebagai media yang cukup efektif untuk dijadikan sebagai sarana penyampaian materi pembelajaran. Kedua, pembelajaran berbasis IT diaharapkan mampu meningkatkan kemampuan belajar siswa secara mandiri dan bertanggung jawab. Ketiga, walaupun pembelajaran melalui media e-learning dirasa cukup efektif, namun tidak semua guru PAI di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta mengoptimalkan media ini, karena menurut mereka selain hilangnya sentuhan kemanusiaan juga sulitnya proses administrasi yang harus ditempuh sebelum melaksanakan pembelajaran menggunakan media e-learning ini digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Aug 2013 11:12
Last Modified: 28 Jul 2017 13:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9113

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum