PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DAN SUPERVISOR TERHADAP KINERJA GURU di SDIT BINA ANAK ISLAM KRAPYAK SEWON BANTUL YOGYAKARTA

EMHA DZIA’UL HAQ, NIM. 09480109 (2013) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DAN SUPERVISOR TERHADAP KINERJA GURU di SDIT BINA ANAK ISLAM KRAPYAK SEWON BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DAN SUPERVISOR TERHADAP KINERJA GURU di SDIT BINA ANAK ISLAM KRAPYAK SEWON BANTUL YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DAN SUPERVISOR TERHADAP KINERJA GURU di SDIT BINA ANAK ISLAM KRAPYAK SEWON BANTUL YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah dalam memeberikan dorongan dan arahan melalui motivasi dan supervisi. penulis melakukan penelitian di SDIT Bina Anan Islam Krapyak Panggungharjo Sewon Bantul Yogyakarta karena ada kinerja guru yang meningkat dari tahun ke tahun dibuktikan dengan semakin banyaknya jumlah siswa. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui (1) peran kepala sekolah sebagai motivator dan supervisor dalam meningkatkan kinerja guru (2) faktor-faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach). Dalam penelitian pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dengan metode observasi, wawancara atau interview dan dekomentrasi. Dengan subyek penelitian kepala sekolah dan 4 orang guru dari 7 guru yang ada. Hasil penelitian ini adalah (1) kepala sekolah sebagai motivator dan supervisor dalam meningkatkan kinerja guru. Peran motivator (a) selalu memberi masukan-masukan dalam kinerja guru yang kurang baik (b) menerapkan kondisi situai dan iklim kerja yang kondusif (c) mengingatkan bekerja sesuai koridor visi dan misi sekolah (d) mengedepankan masalah kedisiplinan (e) musyawarah mufakat dalam setiap mengambil keputusan (f) bekerja sebagai keluarga bersama atau bekerja secara tim. Peran mensupervisi meliputi (a) membantu para guru dalam menggunakan metode mengajar, (b) membantu para guru dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi, (c) memberikan pelayanan kepada guru agar dapat menggunakan kemampuannya semaksimal mungkin dalam menjalankan tugas dari sekolah. Teknik yang digunakan menggunakan dua teknik yaitu teknik individu dan kelompok, teknik individu meliputi; kunjungan kelas dan percakapan individu. Sedangkan teknik kelompok meliputi; rapat guru, orientasi pertemuan guru-guru, lokakarya, pelatihan-pelatihan untuk guru, melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan guru, dan menerapkan tata tertib sekolah. (2) faktor-faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah sebagai motivator dan supervisor dalam meningkatkan kinerja guru meliputi; faktor pendukung (a) bekerja secara tim mempermudah kepala sekolah dalam memotivasi dan mensupervisor guru karena tidak akan canggung-canggung lagi apabila akan menegur atau memberi arahan (b) jumlah guru yang masih sedikit mempermudah dalam melaksanakan peran kepala sekolah. Faktor penghambat meliputi; (a) kesibukan masing-masing guru dan kepala sekolah (b) pendidikan guru yang berbeda juga mengganggu proses mensupervisi. Kata kunci: Kepala sekolah, motivasi dan supervisor, kinerja guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Aug 2013 11:21
Last Modified: 26 Jan 2017 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9115

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum