UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBIMBING PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH PLERET BANTUL

ENI WULANDARI, NIM. 09410184 (2013) UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBIMBING PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH PLERET BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBIMBING PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH PLERET BANTUL )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBIMBING PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH PLERET BANTUL )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kedisiplinan siswa dalam mengerjakan shalat fardhu dan shalat jum’at yang terkadang untuk melaksanakan kewajiban tersebut masih perlu diingatkan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang upaya guru Akidah Akhlak dalam membimbing perilaku keagamaan siswa di SMA Muhammadiyah Pleret Bantul serta mengungkapkan faktor pendukung dan faktor penghambat terhadap upaya yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan membantu menyempurnakan upaya-upaya yang telah dilakukan guru dalam menangani permasalahan ketidaktertiban siswa melaksanakan ibadah shalat. Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SMA Muhammadiyah Pleret Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan kemudian ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) upaya yang dilakukan guru Akidah Akhlak dalam membimbing perilaku keagamaan siswa di SMA Muhammadiyah Pleret Bantul meliputi penerapan sejumlah peraturan yang harus ditaati siswa, memberikan bimbingan dan pengarahan, pelaksanaan shalat dhuhur berjama’ah, shalat jum’at, shalat lail dan doa bersama tiap malam jum’at untuk kelas XII, anjuran shalat dhuha, serta bimbingan shalat waktu pesantren ramadhan, (2) hasil dari upaya tersebut terbilang cukup berhasil meskipun masih ada sebagian siswa yang belum tertib, siswa sudah mengerjakan shalat fardhu dan shalat jum’at secara tertib dan menunjukkan sikap taat, patuh dan hormat kepada orang tua, guru dan menghargai teman-teman sebayanya, (3) adapun faktor yang mendukung upaya tersebut adalah siswa yang homogen, berada di lingkungan agamis, adanya dukungan penuh pihak sekolah dan ada kerja sama antara guru Akidah Akhlak dengan guru-guru mata pelajaran lain. Adapun faktor utama yang menghambat yaitu kurangnya perhatian orang tua untuk mengawasi kedisiplinan pelaksanaan shalat siswa saat di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Aug 2013 11:24
Last Modified: 28 Jul 2017 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9116

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum