RENCANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN IMPLEMENTASINYA DI SDIT HIDAYATULLAH YOGYAKARTA

NURIKHDA LAILATUR ROHMAH - NIM. 03410098, (2008) RENCANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN IMPLEMENTASINYA DI SDIT HIDAYATULLAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (RENCANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN IMPLEMENTASINYA DI SDIT HIDAYATULLAH YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (RENCANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN IMPLEMENTASINYA DI SDIT HIDAYATULLAH YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)

Abstract

Rencana Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Implementasinya di SDIT Hidayatullah Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang Rencana Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan implementasinya di SDIT Hidayatullah Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan menjadi rujukan bagi guru mata pelajaran agama Islam dalam membuat rencana pembelajaran Pendidikan Agama Islam, tidak hanya mampu membuat rencana pembelajaran saja, akan tetapi juga mampu menerapkan rencana pembelajaran pendidikan Islam pada proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di SDIT Hidayatullah Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan adalah pedagogik dan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Bentuk Rencana Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Hidayatullah Yogyakarta telah berwujud buku kerja guru yang dalam pengisiannya diserahkan sepenuhnya kepada guru, komponen rencana pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan pada mata pelajaran umum di SDIT Hidayatullah terdapat dasar tauhid, ini yang merupakan kekhasan dari rencana pembelajaran di SDIT Hidayatullah. Komponen yang belum ada pada rencana pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Hidayatullah adalah kompetensi dasar, standar kompetensi, dan deskripsi materi. Dalam penyusunan rencana pembelajaran, guru Pendidikan agama Islam di SDIT Hidayatullah merasa kesulitan, karena guru belum mendapatkan keterangan mendalam seputar rencana pembelajaran. Hal ini pula yang menyebabkan guru tidak selalu menyusun rencana pembelajaran. (2) Penerapan dari Rencana Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Hidayatullah berlangsung lancar dan efektif Hasil dari proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Hidayatullah dengan menggunakan rencana pembelajaran adalah Siswa lebih aktif untuk bertanya, selama proses pembelajaran guru menggunakan metode yang bervariasi, siswa lebih fokus selama proses pembelajaran, waktu yang ada dapat digunakan dengan baik, dan dengan kegiatan pembuka pemahaman siswa terdapat kesinambungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Hj. Afiyah AS, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI, SDIT Hidayatullah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 06 May 2012 03:32
Last Modified: 04 Aug 2017 07:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/912

Actions (login required)

View Item View Item