UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AL QUR’AN HADITS DENGAN MENERAPKAN METODE INQUIRY PADA MATERI HUKUM NUN MATI DAN TANWIN DI KELAS IV MI SUNAN PANDANARAN KECAMATAN NGAGLIK TAHUN PELAJARAN 2012/2013

HAIJAH, NIM. 09481035 (2013) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AL QUR’AN HADITS DENGAN MENERAPKAN METODE INQUIRY PADA MATERI HUKUM NUN MATI DAN TANWIN DI KELAS IV MI SUNAN PANDANARAN KECAMATAN NGAGLIK TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AL QUR’AN HADITS DENGAN MENERAPKAN METODE INQUIRY PADA MATERI HUKUM NUN MATI DAN TANWIN DI KELAS IV MI SUNAN PANDANARAN KECAMATAN NGAGLIK TAHUN PELAJARAN 2012/2013 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AL QUR’AN HADITS DENGAN MENERAPKAN METODE INQUIRY PADA MATERI HUKUM NUN MATI DAN TANWIN DI KELAS IV MI SUNAN PANDANARAN KECAMATAN NGAGLIK TAHUN PELAJARAN 2012/2013 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam pembelajaran al Qur’an Hadits, siswa harus dilibatkan secara aktif dan kreatif. Hal ini bisa dilakukan jika guru dalam menyajikan materi menggunakan metode dan variasi pembelajaran yang tepat, sehingga bisa mencapai hasil belajar yang optimal. Hal ini bisa dilihat dari prestasi siswa dan kepahaman ketika membaca al qur’an. Di MI Sunan Pandanaran Ngaglik dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode Direct Interaction atau pembelajaran langsung. Siswa lebih banyak dijadikan sebagai objek, dan guru sebagai subjek. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal ini perlu dilakukan perubahan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang bisa meningkatkan keaktifan, kreatif siswa, dan menemukan gagasan sesuai dengan karakteristik siswa, sehingga pada akhirnya prestasinya juga meningkat. Salah satu dari metode tersebut adalah metode inquiry. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk Mendeskripsikan Penerapan Metode Inquiry pada Mata Pelajaran Alquran Hadits, dan (2) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Al Qur’an Hadits Siswa di Kelas IV MI Sunan Pandanaran Ngaglik Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan Penerapan Metode Inquiry. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research yang dilakukan secara kolaboratif. Peneliti bekerjasama atau berkolaborasi dengan guru mitra, yaitu dengan salah satu guru kelas MI Sunan Pandanaran. Sumber data dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV dan objeknya adalah keseluruhan proses yang diperoleh dari pembelajaran dengan menerapkan metode inquiry pada pelajaran al Qur’an Hadits yaitu untuk meningkatkan prestasi siswa dalam belajar al Qur’an Hadits. Data dalam penelitian ini bersumber dari kegiatan belajar mengajar dengan metode inquiry, tugas kelompok, dan hasil tes individu siswa dalam pembelajaran al Qur’an Hadits. Pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik observasi langsung, tugas kelompok, dan tes individu. Proses Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber yaitu observasi pelaksanaan pembelajaran, hasil tugas kelompok, dan hasil tes individu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pembelajaran dengan menggunakan metode inquiry dapat meningkatkan prestasi belajar al Qur’an Hadits, pada siklus pertama pembelajaran dilakukan dengan kerja kelompok teman sebangku, dan pada siklus kedua pembelajaran dengan kerja kelompok yang bersifat heterogen. (2) Rata-rata nilai awal atau sebelum dilakukan tindakan adalah 65,14 dan yang mencapai KKM ada 4 anak, setelah dilakukan tindakan rata-rata pada siklus I menjadi 88,57 dan yang mencapai KKM ada 18 anak dan setelah dilakukan refleksi yaitu ada perubahan pada cara pembagian kelompoknya pada siklus I terjadi peningkatan pada siklus II menjadi menjadi 90,95, dan semuanya mencapai KKM. Hal ini menunjukkan bahwa metode inquiry memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran al Qur’an Hadits kelas IV MI Sunan Pandanaran Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Aug 2013 13:55
Last Modified: 26 Jan 2017 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9123

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum