PENGAJARAN KITAB SYARHU AL-AJURUMIYYAH FIN-NAHWI DI KELAS JURUMIYYAH PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (STUDI KASUS KEMAHIRAN MEMBACA)

KHUDRIYATUN HASANAH, NIM. 09420107 (2013) PENGAJARAN KITAB SYARHU AL-AJURUMIYYAH FIN-NAHWI DI KELAS JURUMIYYAH PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (STUDI KASUS KEMAHIRAN MEMBACA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGAJARAN KITAB SYARHU AL-AJURUMIYYAH FIN-NAHWI DI KELAS JURUMIYYAH PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (STUDI KASUS KEMAHIRAN MEMBACA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGAJARAN KITAB SYARHU AL-AJURUMIYYAH FIN-NAHWI DI KELAS JURUMIYYAH PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (STUDI KASUS KEMAHIRAN MEMBACA) )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran nahwuAj-jurumiyyah, mengetahui bagaimana kemampuan Santri kelas Jurumiyyah Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta dalam membaca teks Arab, mengetahuai kendala-kendala yang dihadapi dan solusinya. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode analisis diskriptif kualitatif yaitu suatu metode untuk menggambarkan data yang telah terkumpul secara jelas dan terperinci sebagaimana adanya serta metode analisis kuantitatif untuk menganalisa hasil tes santri dalam membaca teks arab. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan Tes serta sumber datanya para siswa dan guru kelas Jurumiyyah Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Proses pembelajaran nahwu Ajjurumiyyah di kelas Jurumiyyah Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah berjalan cukup baik dengan metode yang bervariatif seperti metode peer lesson, ceramah, siswa berperan aktif dalam pembelajaran walaupun hanya pada awal pelajaran selain itu terbukti dengan hasil tes santri pada kemampuan membaca teks bahasa Arab tergolong baik dengan rata-rata 74 tetapi pembelajaran tidak terencana secara terstruktur seperti halnya pada lembaga pendidikan formal lainnya. (2) Kendala yang dihadapi santri dalam membaca teks bahasa Arab (a)belum terbiasanya santri dalam membaca kitab kosongan/tanpa harokat (b) bervariasinya latar belakang santri dan kemampuan santri (c) Keterbatasan waktu Kata kunci: Pengajaran, Kitab Syarah Jurumiyyah, Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Aug 2013 14:11
Last Modified: 03 May 2017 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9125

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum