UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH POKOK BAHASAN SHALAT FARDLU MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PESERTA DIDIK KELAS I SEMESTER GENAP MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MA’ARIF NGLISENG DLINGO BANTUL TAHUN PELAJARAN 2012/2013

ABDUL ROKHIM, NIM. 09481032 (2013) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH POKOK BAHASAN SHALAT FARDLU MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PESERTA DIDIK KELAS I SEMESTER GENAP MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MA’ARIF NGLISENG DLINGO BANTUL TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH POKOK BAHASAN SHALAT FARDLU MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PESERTA DIDIK KELAS I SEMESTER GENAP MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MA’ARIF NGLISENG DLINGO BANTUL TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH POKOK BAHASAN SHALAT FARDLU MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PESERTA DIDIK KELAS I SEMESTER GENAP MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MA’ARIF NGLISENG DLINGO BANTUL TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABDUL ROKHIM. Upaya meningkatkan prestasi belajar fiqih pokok bahasan shalat fardlu melalui metode demonstrasi pada peserta didik kelas satu semester genap Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma’arif Ngliseng .Dlingo.Bantul.Skripsi.Yogyakarta.Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah .Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2013. Yang melatar belakangi masalah ini adalah kurangnya penguasaan materi tentang shalat fardlu dari segi bacaan dan gerakan dalam shalat,sehingga dalam mempraktekkannya sehari hari belum terampil.Oleh karenanya maka sampai saat ini penyampaian materi pembelajaran tentang shalat pada peserta didik kelas I belum tercapai sebagaimana yang diharapkan .Untuk itulah perlu diadakannya suatu penelitian guna meningkatkan prestasi belajar dengan menerapkan metode pembelajaran yang lain dengan harapan dapat memperbaiki serta meningkatkan kualitas peserta didik tentang shalat.Penelitian ini adalah merupakan penelitian tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan tentang penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih dan sekaligus untuk meningkatkan prestasi peserta didik dalam pembelajaran shalat fardlu pada peserta didik kelas I Madrasah Ibtidaiyah (MI) setelah penerapan metode demonstrasi. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar belakang MI Ma’arif ngliseng Dlingo Bantul Yogyakarta.Dalam pengumpulan data dilakukan dengan melalui pengamatan dan wawancara yang akurat serta dilengkapi dengan dokumentasi pada kegiatan yang dilakukan.Untuk membantu dalam mengungkap data dilakukan dengan menggunakan perhitungan sederhana ,sedangkan dalam memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber.Adapun urutan pada kegiatan penelitian ini adalah mencakup;(1) perencanaan, (2) pelaksanaan,(3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Metode demonstrasi yang digunakan pada pembelajaran shalat khususnya di kelas I MI Ma’arif Ngliseng Dlingo Bantul yogyakarta sangat tepat. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan penguasaan peserta didik pada bacaan dan gerakan serta antusias untuk mengikuti pembelajaran. Dari kesimpulan pengamatan terlihat nilai penguasannya adalah :pada siklus I nilai rata ratanya 69,4 kemudian pada siklus II nilai rata ratanya 76. Dengan demikian penguasaan materi shalat mengalami peningkatan yang baik pada setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Aug 2013 09:47
Last Modified: 24 Jan 2017 15:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9128

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum