UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SDIT SALSABILA KLASEMAN SINDUHARJO NGAGLIK SLEMAN

AFROH NAILIL HIKMAH, NIM. 09480102 (2013) UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SDIT SALSABILA KLASEMAN SINDUHARJO NGAGLIK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SDIT SALSABILA KLASEMAN SINDUHARJO NGAGLIK SLEMAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SDIT SALSABILA KLASEMAN SINDUHARJO NGAGLIK SLEMAN)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Beberapa kasus yang melanda Indonesia merupakan dampak dari merosotnya moral bangsa saat ini. Akan tetapi melihat realitas saat ini pendidikan hanya mengedepankan aspek keilmuan dan kecerdasan peserta didik. Adapun aspek moral dan etis sebagai basis pembentukan karakter dan budaya bangsa semakin terpinggirkan. Gerakan Pramuka sebagai organisasi kepanduan yang berkecimpung dalam dunia pendidikan yang bersifat non formal berusaha membantu pemerintah dan masyarakat dalam membangun masyarakat dan bangsa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Materi apa saja dalam kegiatan kepramukaan yang mengandung nilai-nilai karakter. (2) Bagaimana upaya pembina pramuka menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa SDIT Saslsabila Klaseman Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan atau kancah (field research) yang menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan lokasi yang akan diteliti adalah SDIT Salsabila Klaseman, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Metode dalam penelitian ini meliputi: metode observasi, metode interview (wawancara), dan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memilih dan memusatkan data yang muncul dari catatan lapangan, kemudian menyusun pola hubungan dari hasil penelitian dalam bentuk naratif kemudian menarik kesimpulan dari data-data yang diperoleh. Verivikasi dilkukan dalam bentuk penyajian dan penarikan kesimpulan dari datadata yang telah terkumpul di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, Materi dalam kegiatan kepramukaan yang mengandung nilai-nilai karakter yaitu memiliki kesamaan pada tujuan, prinsip, metodologi yang mengarah pada penanaman dan pengembagan nilai-nilai Pendidikan yang tercermin pada Undang-undang Gerakan Pramuka, serta Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka. Kedua, upaya pembina dalam penanaman nilai karakter dengan menggunakan sistem among, mengelola satuan pramuka, memahami peserta didik sesuai dengan kebutuhannya, serta menciptakan kegiatan yang menarik, menyenagkan dan mengandung nilai pendidikan. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pendidikan Kepramukaan, Golongan Siaga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Aug 2013 09:52
Last Modified: 24 Jan 2017 15:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9130

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum