UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KARANGMOJO GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2013

AGUS WAHYU NURHIDAYAT, NIM. 09481042 (2013) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KARANGMOJO GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KARANGMOJO GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2013 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KARANGMOJO GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2013 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam pembelajaran IPA, siswa harus dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran untuk membuktikan kebenaran-kebenaran teori IPA yang telah dipelajari. Jika hal tersebut tidak tercakup dapat berpengaruh pada motivasi belajar siswa. Tidak hanya pembelajaran yang menekankan aspek kognitif saja dengan hafalan-hafalan yang menjenuhkan siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang menuntut siswa aktif, berani mencoba, mengemukakan pendapat dan bereksperimen, salah satunya adalah metode pembelajaran demontrasi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pembelajaran IPA sebelum menggunakan metode demonstrasi di kelas V MIN Karangmojo Gunungkidul?. (2) Bagaimana penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di kelas V MIN Karangmojo Gunungkidul. (3) Apakah dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas V MIN Karangmojo Gunungkidul?. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya, yang masing masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN Karangmojo Gunungkidul sebanyak 16 siswa. Setting penelitian adalah proses pembelajaran IPA kelas V. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument berupa lembar observasi dan tes. Dalam menganalisis data hasil penelitian yaitu dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif teknikpersentase. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah : (1) Adanya ketekunan menghadapi tugas dari guru. (2) Menunjukkan rasa senang dan semangat terhadap pembelajaran IPA (3) Adanya dorongan untuk bersaing dengan teman. (4) Adanya keinginan mendapatkan penghargaan dari guru. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa sebelum diadakan penelitian motivasi siswa 1,5 dalam kategori rendah. Pada siklus I motivasi siswa meningkat dengan diperoleh ketercapaian indikator 1,99 dengan kategori sedang. Sedangkan Siklus II motivasi siswa meningkat menjadi 2,36 dengan kategori tinggi. Kata kunci: Motivasi belajar, IPA, Demonstrasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Aug 2013 09:54
Last Modified: 24 Jan 2017 15:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9131

Actions (login required)

View Item View Item