PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILLS DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (KAJIAN NOVEL INDONESIA MENGAJAR KARYA PENGAJAR MUDA)

AYU FAIZA ALGIFAHMY, NIM. 09410035 (2013) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILLS DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (KAJIAN NOVEL INDONESIA MENGAJAR KARYA PENGAJAR MUDA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILLS DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (KAJIAN NOVEL INDONESIA MENGAJAR KARYA PENGAJAR MUDA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILLS DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (KAJIAN NOVEL INDONESIA MENGAJAR KARYA PENGAJAR MUDA))
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

AYU FAIZA ALGIFAHMY. Peran Guru Dalam Mengembangkan Life Skills dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Agama Islam (Kajian Novel Indonesia Mengajar Karya Pengajar Muda). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2013. Latar belakang penelitian ini tentang pendidikan yang belum merata di Indonesia. Problem pendidikan tersebut perlu diatasi dengan peningkatan kualitas program pendidikan yang lebih tepat guna dan efektif dalam mempersiapkan lulusan sebagai generasi yang berkepribadian tangguh, memiliki kemandirian, keberanian dan kemampuan mencari alternative dan memecahkan permasalahan hidup secara bertanggung jawab. Peningkatan kualitas program pendidikan ini harus dilakukan secara menyeluruh yang mencakup pengembangan dimensi manusia Indonesia seutuhnya baik jasmani maupun rohani, dengan mengembangkan aspek-aspek spiritual, moral, akhlak, budi pekerti, pengetahuan, keterampilan, seni, olahraga dan perilaku. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan semiotik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif maka metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode analisis isi. Semiotik secara metodologis membedakan tingkat formasi dan prosedur deduktif (deduktif menjelaskan makna sebait teks) dan induktif (menjelaskan konteks pada sebuah teks). Komunikasi atau proses semiotik menunjukkan hubungan antara tanda (sign) dan pertanda (signified) melalui makna. Teks dalam semiotik terdiri atas dua komponen, yaitu struktur lahir dan struktur batin. Hasil penelitian ini menemukan Peran Guru dalam mengembangkan Life Skills dalam novel Indonesia Mengajar Karya Pengajar Muda antara lain: Peran guru sebagai korektor, inspiratory, informator, organisator, Motivator, inisiator, fasilitator, pembimbing, demonstrator, pengelola kelas, mediator, supervisor, evaluator. Muatan life skills yang terkandung dalam novel Indonesia mengajar karya pengajar muda ada dua macam, yang pertama kecapakan personal (personal skills) berupa kesadaran spiritual yaitu kesadaran dalam meyakini Allah pencipta dirinya dan alam lingkungannya, kesadaran akan potensi berupa kesadaran untuk bertindak tepat dan proporsional, dan kecakapan berpikir berupa kecakapan untuk mendapatkan informasi, serta memecahkan masalah dengan cara yang bijaksana dan kreatif. Kedua adalah kecakapan sosial (social skills) berupa kecakapan komunikasi, yaitu kecakapan mendengarkan, menuliskan ide atau opini, dan kecakapan mengkolaborasi yaitu kecakapan bekerjasama serta kecakapan sebagai pemimpin dengan empati. Relevansi peran guru dalam megembangkan life skills pada novel Indonesia Mengajar karya Pengajar Muda terhadap pendidikan agama Islam yaitu: mua’lim, murabby, mursyid, muddaris, mu’addib, dan ustadz. Serta dalam muatan life skills dengan pendidikan agama Islam terdapat kandungan berupa: kesadaran spiritual (beriman kepada Allah, bertakwa kepada Allah, dan berbuat baik), kesadaran akan potensi (percaya diri, ridho), kecakapan berpikir (sabar), kecakapan komunikasi (bersungguh-sungguh, berjihad), dan kecakapan mengkolaborasi (tolong menolong, amanah, adil, dan rasa persaudaraan sesama muslim).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2013 09:31
Last Modified: 06 Aug 2018 10:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9144

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum