PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII B MTs TARBIYATUL ATHFAL TOROH GROBOGAN

A.KHOLID MUHABIB, NIM. 09410132 (2013) PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII B MTs TARBIYATUL ATHFAL TOROH GROBOGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII B MTs TARBIYATUL ATHFAL TOROH GROBOGAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII B MTs TARBIYATUL ATHFAL TOROH GROBOGAN )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kegiatan belajar merupakan inti dari pendidikan yang memerlukan interaksi antar individu. Pembelajaran model cooperative learning type jigsaw memberikan alternatif bagi guru, yaitu akan menciptakan suasana peserta didik menjadi variatif, kondusif, menyenangkan dan seluruh siswa dapat terlibat secara aktif. Pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII B MTs Tarbiyatul Athfal Toroh Grobogan menerapkan strategi pembelajaran tersebut, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran dan hasil pembelajaran cooperative type jigsaw pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII B MTs Tarbiyatul Athfal Toroh Grobogan Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Athfal Toroh Grobogan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi dan eksperimen. Adapun analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan dan dari data itu kemudian ditarik kesimpulan. Pemerikasaan uji keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan teknik triangulasi data, yaitu membandingkan data hasil pengamatan langsung (observasi) lapangan dengan data hasil wawancara dan hasil yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Deskripsi kondisi awal dan prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII B MTs Tarbiyatul Athfal Toroh dari dua hal, yaitu Deskripsi motivasi siswa selama mengikuti pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak dan deskripsi hasil nilai prestasi mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII B MTs Tarbiyatul Athfal Toroh Kab. Grobogan sebelum menggunakan model Cooperative Type Jigsaw semester gasal tahun pelajaran 2012/2013. (2) Persiapan pembelajaran Cooperative Type Jigsaw dalam pembelajaran akidah akhlak kelas VIII B MTs Tarbiyatul Athfal Toroh yang terdiri dari dua hal, yaitu pembuatan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. (3) Proses pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak model Cooperative Type Jigsaw kelas VIII B MTs Tarbiyatul Athfal Toroh yang meliputi tiga tahap, yaitu tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. (4) Hasil pembelajaran Cooperative Type Jigsaw dalam pembelajaran akidah akhlak kelas VIII B MTs Tarbiyatul Athfal Toroh yang meliputi hasil motivasi siswa, keaktifan siswa, keadaan siswa, keadaan kelas, dan peningkatan hasil prestasi siswa. Adapun faktor penghambatnya, yaitu: adanya keterbatasan waktu proses pembelajaran akidah akhlak, masih adanya siswa yang kurang kosentrasi, siswa kurang percaya diri dalam mengikuti proses pembelajaran, dan sarana prasarana yang kurang mendukung dalam berlangsungnya proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2013 09:35
Last Modified: 06 Aug 2018 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9145

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum