UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF NGLISENG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

IRWAHYUNI, NIM. 09481058 (2013) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF NGLISENG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF NGLISENG TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF NGLISENG TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think-PairShare (TPS) dan Alat Peraga Pada Siswa Kelas IV dan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Ma’arif Ngliseng tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 17 siswa. Data-data yang dikumpulkan berupa data aktivitas dan hasil belajar matematika (sebelum tindakan dan evaluasi), hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data untuk hasil belajar siswa menggunakan analisis kualitatif yang didasari data kuantitatif setelah menghitung semua komponen penilaian dan mengambil rata-ratanya. Hasil analisis aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Ma’arif Ngliseng mengalami peningkatan yang signifikan. Pada saat sebelum tindakan aktivitas siswa dalam pembelajaran rendah dan jumlah siswa yang tuntas hanya 10 siswa atau sebesar 58,82 %. Nilai rata-rata siswa sebelum tindakan menunjukkan 65 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 40. Pada siklus I aktivitas siswa meningkat dan siswa yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 13 siswa atau sebesar 76,47 % . Nilai rata-rata siswa pada siklus II adalah 71,76 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 40. Pada siklus II aktivitas siswa dalam pembelajaran semakin meningkat dan ada 17 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM atau sebesar 100%. Nilai rata-rata siswa pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat baik yaitu menjadi 82,35 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 70. Dengan demikian, dapat meningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV di MI Ma’arif Ngliseng Muntuk Dlingo Bantul. Kata Kunci : Pembelajaran Matematika, TPS, Alat peraga, Aktivitas, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2013 09:44
Last Modified: 27 Jan 2017 09:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9146

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum