EKSPERIMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN QIRA'AH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI

NUR HAYATI - NIM. 03420287, (2008) EKSPERIMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN QIRA'AH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI GANDEKAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI GANDEKAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar materi qira'ah kelompok eksperimen (kelompok siswa yang menggunakan metode Cooperative Learning teknik Jigsaw) dengan kelompok kontrol (kelompok siswa yang tanpa menggunakan metode Cooperative Learning teknik Jigsaw) pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Gandekan Bantul Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Gandekan Bantul Yogyakarta tahun pelajaran 2006/2007 sebanyak 170 siswa yang terdiri dari lima kelas. Dan pengambilan sampelnya dengan menggunakan rancangan sampling non probabilitas berupa sampling purposive, yaitu dilakukan dengan cara mengambil subjek bukan didasarkan pada strata, random atau daerah, tetapi didasarkan atas adanya tujuan tertentu. Untuk sampel yang diambil berjumlah dua kelas, yaitu kelas X 2 dengan jumlah 32 siswa sebagai kelompok kontrol dan kelas X 4 dengan jumlah 33 siswa sebagai kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keampuhan instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas isi (content validity) dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas sebaran dengan rumus Kolmogorov-Smirnov, sedangkan untuk uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan uji F. Analisis data dengan menggunakan rumus uji quot;t quot;. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar materi qira'ah siswa dalam kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata post-test kelompok eksperimen sebesar 62,5000, sedangkan kelompok kontrol memperoleh skor rata-rata post-test sebesar 54,5455. Kemudian dari rata-rata peningkatan kemampuan hasil belajar materi qira'ah tersebut, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi yaitu sebesar 15,3409, sedangkan pada kelompok kontrol hanya sebesar 6,8182. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa antara kelas yang menggunakan metode Cooperatrive Learning teknik Jigsaw dalam pembelajaran qira'ah dengan kelas yang tidak menggunakan metode Cooperative Learning teknik Jigsaw mempunyai perbedaan yang signifikan. Sehingga metode Coopertive Learing teknik Jigsaw dapat diterapkan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran qira'ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Nurhadi M.A.
Uncontrolled Keywords: Cooperative learning, jigsaw, qiro'ah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 06 May 2012 03:25
Last Modified: 31 Mar 2017 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/915

Actions (login required)

View Item View Item