KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTsN SEMANU GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2012/2013

MUHAMAD SOIM, NIM.09420074 (2013) KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTsN SEMANU GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTsN SEMANU GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2012/2013 )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTsN SEMANU GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2012/2013 )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang kteativitas guru dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Pembahasan skripsi ini dimaksudan untuk mengetahui sejauh mana kreativitas guru dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keaktifan siswa serta metode-metode apa yang guru gunakan dalam menunjang pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan metode yang digunakan oleh guru untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab adalah: metode ceramah, metode diskusi, dan metode Tanya jawab. Kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung lebih mengaktifkan peserta didik yaitu dengan mengombinasikan dari beberapa strategi belajara aktif yang cukup vareatif, diantaranya Guid Note-Taking (membuat catatan terbimbing), Reading Aloud (membaca keras), dan Information Seach ( mencari informasi). Setrategi ini cukup baik dilihat dari antusias siswa dalam mengikuti pelajaran dan keaktifan selama belajar mengajar berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan mengambil latar MTsN Semanu Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan untuk uji keabsahan data dilakukan dengan trigulasi data. Dari hasil penelitian diatas menjelaskan bahwa kreativitas guru dalam pembelajaran bahasa Arab dalam meningkatkan keaktifan siswa dapat dikatakan baik. ini dapat di jelaskan sebagai berikut: 1) Guru mampu mengombinasikan kemampuan kretifnya dengan metode pembelajaran yang aktif 2) Siswa lebih aktif dalam mengikuti pelajaran, rekomendasi peneliti dalam kreativitas guru dalam pembelajaran dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran bahasa Arab perlu adanya kerjasama antara pihak Sekolah, Guru dan Murid. Pemahaman setiap karakteristik dan kemampuan siswa harus jadi perhatian utama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Aug 2013 09:50
Last Modified: 27 Apr 2017 15:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9159

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum