STRATEGI PELIPUTAN REPORTER RRI PROGRAMA DUA YOGYAKARTA (Studi Tentang Warta Pagi di RRI Programa Dua Yogyakarta)

MARDIKA RIA DIANI - NIM. 04210065, (2008) STRATEGI PELIPUTAN REPORTER RRI PROGRAMA DUA YOGYAKARTA (Studi Tentang Warta Pagi di RRI Programa Dua Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PELIPUTAN REPORTER RRI PROGRAMA DUA YOGYAKARTA (Studi Tentang Warta Pagi di RRI Programa Dua Yogyakarta))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PELIPUTAN REPORTER RRI PROGRAMA DUA YOGYAKARTA (Studi Tentang Warta Pagi di RRI Programa Dua Yogyakarta))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)

Abstract

ABSTRAK Berita menurut United Press Association, adalah suatu dan segala sesuatu yang menarik tentang kehidupan dalam segala manifestasinya. Menurut Fraser Bond, berita adalah laporan yang tepat waktu (timely) tentang sesuatu yang menarik hati manusia dan berita yang terbaik adalah yang terbaik bagi pembaca terbanyak. Menurut David Dary, berita adalah laporan yang dapat dipercaya, tidak diragukan tentang kejadian, yang berisi informasi yang tepat waktu dan tempat, yang mengenai pola hidup, kesejahteraan, masa depan atau kepentingan penerimanya. James Maxwell mengemukakan bahwa radio adalah merupakan gerakan magnetik yang dapat mengurangi ruang angkasa secara gelombang dengan kecepatan tertentu yang diperkirakan sama kecepatan cahaya yaitu 186000 mil per detik. Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa radio merupakan salah satu media elektronik yang mempunyai ruang gerak yang sangat cepat dalam penyampaian suatu pesan. Radio cukup efektif dan tepat jika dijadikan sarana informasi berupa berita ringan ataupun berita besar, mengingat sifat dari radio yaitu auditif yang dalam penyampaian informasinya mengandalkan suara. Dalam hal ini, penulis ingin menyajikan strategi peliputan oleh reporter untuk dijadikan sebuah berita di radio. Strategi merupakan satu hal keharusan dalam pencapaian berita untuk disajikan untuk kepada masyarakat. Strategi sangat dibutuhkan untuk mendapatkan suatu berita yang mempunyai mutu pemberitaan dan harus segera disiarkan kepada masyarakat. Dalam hal ini adalah berita yang dikemas secara langsung maupun tidak langsung dari lapangan oleh seorang reporter di RRI Programa Dua Yogyakarta. Di sinilah penulis akan meneliti studi tentang strategi yang digunakan dalam peliputan reporter RRI untuk dijadikan bahan berita yang akan disiarkan di program berita Warta Pagi (Studi Tentang Warta Pagi di RRI Programa Dua Yogyakarta).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Hamdan Daulay, M.Si
Uncontrolled Keywords: Peliputan RRI
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 05 May 2012 16:38
Last Modified: 27 Dec 2016 02:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/916

Actions (login required)

View Item View Item